Banyak Manfaat, Pengusaha UMKM Disarankan Gabung di Cloud Kitchen

Selasa, 16 Juni 2020 - 18:49 WIB
loading...
Banyak Manfaat, Pengusaha UMKM Disarankan Gabung di Cloud Kitchen
Konsep Cloud Kitchen dinilai menguntungkan bagi pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19.Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Konsep dapur kolektif yang dikenal dengan nama Cloud Kitchen ternyata menawarkan manfaat yang sangat besar bagi UMKM. KonsepCloud Kitchenmulai dikembangkan oleh penyedia layanandelivery, seperti GoFood, GrabKitchen maupun Kulina itu bahkan tidak hanya menawarkan UMKM kesempatan memperluas pasar tapi juga memperoleh profit yang maksimal.

Analisa yang disampaikan EkonomInstitute for Development of Economics and Finance(Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara itu didasarkan pada pengamatannya selama masa pandemi Covid-19 ini. Di mana prospek layanan pesan-antar itu sangat cerah karena konsepwork from homeyang diterapkan pemerintah justru memicu permintaan terhadap layanan pesan-antar makanan.

“Ini sangat solutif buat UMKM yang ingin memulai bisnis kuliner. Inovasi Cloud Kitchen ini miripfactory sharingyang berlaku di industri. Jadi ini salah satu perwujudansharing economydan momentumnya sangat pas di era pandemi karena sekarang banyak yang bekerja dari rumah. Prospek pesan-antar makanan sangat cerah,” kata Bhima.

Konsep Cloud Kitchen mirip dengan pujasera tapi bedanya hanya melayani pesan-antar makanan. Melalui cloud kitchen, UMKM tetap menjadi pemilik atas bisnis tersebut tetapi mendapatkan bantuan teknologi dan fasilitas dapur dari para penyedia layanan delivery. (Baca: Cegah COVID-19, Layanan Pesan-Antar Online Wajib Terapkan Upaya Sanitasi)

Bhima memperhitungkan bahwa dengan bergabung di konsep Cloud Kitchen, UMKM yang baru memulai bisnis dapat menghemat biaya operasional karena komponen biaya pembelian peralatan dan sewa tempat itu dapat mencapai 70-80% total biaya investasi mereka. Dengan bergabung di Cloud Kitchen, UMKM menjadi minim risiko, karena mereka terbebas dari beban bayar sewa atau renovasi bangunan, beban biaya penyediaan ruang makan bagi mereka yang ingin menyantap makanan di tempat, dapat melayani konsumen lebih cepat serta infrastruktur dapur yang sudah siap.

“Sebaiknya mereka bargabung dengan Cloud Kitchen ini karena keberadaan mereka itu tidak akan menggerus pasar (UMKM) itu sendiri melainkan bisa memunculkan wirausahawan kuliner. Pasar kita itu luas sekali, ada 260 juta penduduk, sementara rasio kewirausahaan baru 3,1%,” jelas Bhima.

Namun demikian Bhima mengingatkan, UMKM juga perlu mengembangkanunique pointatau ciri khas yang membedakan restauran mereka agar mereka mampu bertahan dan segmentasi pasar juga menjadi tidak jenuh.

Sementara itu, konsep Cloud Kitchen yang diperkenalkan GoFood menawarkan potensi bisnis yang besar bagi UMKM. Gojek dalam hal ini mempersiapkan teknologi dan seluruh perlengkapan dapur, sementara mitra UMKM tetap dapat mengelola bisnis dengan pegawai serta kepemilikan berada di bawah kendali pengusaha UMKM itu sendiri.

Bahkan di bawah bendera GoFood, konsep Cloud Kitchen yang hanya fokus di layanandeliverysaja ini membantu mitra UMKM untuk terus tumbuh meski dengan modal minimal. Dengan jaringan distribusi luas yang dimiliki Gojek, UMKM ini dapat lebih siap melayani pelanggan di eranew normaldi mana pelanggan diyakini masih akan memilih layanan pesan-antar makanan. Hingga saat ini, Go-Food telah mengelola 27 lokasi Cloud Kitchen yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Medan. Seluruh jajaran karyawan resto yang bergabung di Cloud Kitchen ini merupakan karyawan dari mitra usaha GoFood.

Tidak hanya Gojek yang melalui Go-Food-nya merambah ke layanan ini, Grab juga membawa konsep Cloud Kitchen melalui GrabKitchen. GrabKitchen ini menawarkan peluang ekspansi ke wilayah-wilayah baru serta membuka kesempatan untuk menjangkau lebih banyak konsumen melalui pemanfaatan teknologi dan data. Saat ini GrabKitchen telah hadir di Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Bali.

Sementara itu, selain kedua aplikator tersebut di atas, Kulina juga ikut mengembangkan konsep Cloud Kitchen. Kulina dikenal sebagaimarketplaceyang menghubungkan pemilik katering dan restoran dengan para pelanggan di area Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan akan segera hadir di kota Surabaya dan sekitarnya. Pemilik katering dan restoran bisa menyiapkan makanan tanpa perlu merasa khawatir dengan manajemen pesanan dan pelanggan bisa menikmati pengalaman kuliner yang mudah dan nyaman.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)