Mahasiswa Papua Barat Tanam Ratusan Bibit Pohon di DAS Ciliwung

Sabtu, 12 Maret 2022 - 14:26 WIB
loading...
Mahasiswa Papua Barat Tanam Ratusan Bibit Pohon di DAS Ciliwung
Himpunan Mahasiswa Papua Barat (Himapabar) menggelar aksi tanam pohon di DAS Ciliwung, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (12/3/2022).Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Papua Barat (Himapabar) bersama dengan Human Studies Institute menggelar aksi tanam pohon di daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (12/3/2022). Aksi penanaman pohon ini mengambil tema "Kitorang Jaga Lingkungan, Lingkungan Jaga Kitorang".

Pengurus Himapabar, Malkin Kosepa mengatakan, kegiatan ini bukan sekadar seremonial, tetapi bentuk kontribusi mahasiswa Papua Barat terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitar."Ini adalah rangkaian kegiatan Himapabaruntuk Musyawarah Besar (Mubes) dan sosialisasi bersama masyarakat, terutama dalam rangka kegiatan-kegiatan yang concern terhadap lingkungan hidup," kata Malkin pada Sabtu (12/3/2022).

Mahasiswa Polimedia asli Teluk Bentuni, Papua Barat ini menuturkan, kegiatan penanaman pohon dan bersih Kali Ciliwung itu merupakan wujud kepedulian mahasiswa terkait pentingnya lingkungan yang bersih, indah dan nyaman.

"Melestarikan lingkungan sudah menjadi tanggungjawab setiap insan yang hidup di bumi, terutama kita yang tinggal di Jakarta," tuturnya.
Dalam kegiatan tersebut, Malkin ikut menanam pohon buah produktif seperti jambu jamaika, jeruk lemon serta tanaman kayu yang bernilai tinggi seperti gaharu sebanyak 250 bibit di pinggiran aliran Kali Ciliwung.

Sementara mahasiswa UIN Jakarta asal Kaimana, Moytuer Boymassa mengatakan, manusia sebagai makhluk hidup harus bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungan di sekitarnya. Artinya, mahasiswa asal Papua Barat memiliki prinsip di mana tempat kita berpijak di situ langit dijunjung.

“Kami sebagai mahasiswa asli Papua Barat khususnya yang tinggal di Jabodetabek ingin tetap berkomitmen selalu menjaga lingkungan sekitar,” kata Moytuer.

Turut hadir perwakilan mahasiswa asli Papua Barat di antaranya dari Teluk Bintuni, Kaimana, Sorong, Sorong Selatan, Kota Sorong, Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Maibrat, Tambrau, Fakfak, Raja Ampat, dan Teluk Wandama.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2084 seconds (0.1#10.140)