Anies Target 100 Bus Listrik Transjakarta Beroperasi hingga Akhir Tahun Ini

Rabu, 09 Maret 2022 - 10:56 WIB
loading...
Anies Target 100 Bus Listrik Transjakarta Beroperasi hingga Akhir Tahun Ini
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan hingga akhir tahun 2022, sebanyak 100 Bus Listrik Transjakarta mengaspal di Ibu Kota. Foto: @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan hingga akhir tahun 2022, sebanyak 100 Bus Listrik Transjakarta mengaspal di Ibu Kota. Saat ini, 30 Bus Listrik Transjakarta telah mengaspal di Jakarta untuk melayani masyarakat di empat rute.

“Akhir tahun ini Insya Allah terus bertambah hingga 100 bus listrik yang beroperasi,” kata Anies dalam akun media sosial Instagram-nya @aniesbaswedan, Rabu (9/3/2022).

Menurut orang nomor 1 di DKI Jakarta ini, langkah ini merupakan upaya untuk menurunkan polusi udara di Ibu Kota. Dia juga mengatakan, bus listrik ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Anies Target 100 Bus Listrik Transjakarta Beroperasi hingga Akhir Tahun Ini


“Ini langkah awal dari rencana pembangunan rendah karbon daerah yang berketahanan iklim, harapannya di 2030 semua kendaraan umum bus di Jakarta bisa beroperasi dengan tenaga listrik," tuturnya.

Anies membeberkan, hadirnya bus listrik ini dapat menurunkan polusi suara dan emisi CO2 gas buang. Ia juga menjelaskan, efisiensi energi bus listrik lima kali lebih tinggi dibanding bus diesel.



"Bus Listrik berpotensi menurunkan polusi suara hingga 28% dibandingkan pada bus diesel, emisi CO2 pada gas buang bus listrik dapat berkurang hingga 50,3%, dan level efisiensi energi pada bus listrik memiliki potensi lima kali lebih tinggi dibandingkan pada bus diesel. Jadi dengan bus listrik ini kita mengurangi emisi karbon, sekaligus di saat yang sama mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalanan," paparnya.

Anies menegaskan, ini adalah komitmen Pemprov DKI guna menyelamatkan bumi dengan mengurangi polusi udara. Ia menyebut bus listrik juga hasil kerja sama dengan empat institusi internasional sejak 2018 silam.

"Kita berharap dengan adanya bus listrik ini maka masyarakat makin tersadarkan tentang teknologi ramah lingkungan dan pentingnya mengurangi emisi karbon di kota ini," tuturnya.

Peluncuran bus listrik, kata Anies, merupakan sebuah kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan sejumlah pihak.

"Peluncuran Bus Listrik ini adalah hasil kerja bersama yang dirintis sejak tahun 2018, bersama intsitusi internasional dan dukungan dari sektor swasta. Kita bekerja bersama dengan 4 institusi internasional, antara lain: United Nations Environment Programme (UNEP), Climate Technology Centre and Network, C40 Cities Network dan Kedubes Kerajaan Inggris, kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas kolaborasinya," bebernya.

Sebagai informasi, bus listrik Transjakarta tersedia di rute non BRT 1P (Terminal Senen – Bundaran Senayan). Selanjutnya akan menyusul di rute 1R: Tanah Abang – Terminal Senen; 1N: Blok M – Tanah Abang; 6N: ragunan – Blok M.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)