Jawab Keluhan Warga, KSOP Marunda Bakal Sediakan Klinik Kesehatan dan Ambulans Gratis

Selasa, 08 Maret 2022 - 14:40 WIB
loading...
Jawab Keluhan Warga, KSOP Marunda Bakal Sediakan Klinik Kesehatan dan Ambulans Gratis
KSOP Marunda akan mendirikan klinik kesehatan yang melayani warga di kawasan Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Foto: MPI/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda akan mendirikan klinik kesehatan yang melayani warga di kawasan Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Selain itu, KSOP juga akan mengadakan armada ambulans gratis sesuai permintaan warga.

"Harapan warga Marunda memiliki fasilitas layanan kesehatan gratis segera terwujud. Kegiatan akan di-support melalui program CSR sejumlah perusahaan yang beroperasi di kawasan pelabuhan Marunda," kata Kepala KSOP Marunda Isa Amsyari saat dikonfirmasi, Selasa (8/3/2022).

Dalam penyediaan klinik kesehatan dan ambulans gratis, Isa menjelaskan, KSOP Marunda telah berdiskusi dan mendapati sejumlah perusahaan di area pelabuhan yang sudah berkomitmen dengan hal ini.

"Rata-rata yang saya ajak bicara, menyatakan berminat merealisasikan klinik kesehatan dan pengadaan armada ambulan gratis bagi warga. Tidak sekarang minta dan sekarang direalisasikan. Harus pembahasan dulu, disusun program per tahun dan bersifat berkelanjutan," sambungnya.

Isa juga mengatakan jika rencana ini sudah disampaikan kepada warga, terutama di wilayah RW 07 Marunda, seiring dibagikannya paket sembako bekerja sama dengan PT Karya Cipta Nusantara (KCN) yang sudah berperan pencegahan dampak paparan debu batu bara.



"Mereka memasang jaring cukup tinggi yaitu 15 meter diikuti penyiraman secara rutin terhadap timbunan batu bara serta menggandeng IPB (Institut Pertanian Bogor) untuk penanaman sejumlah pohon tinggi penahan debu batu bara," jelasnya.

Isa pun berharap masyarakat bisa memahami keberadaan investasi perusahaan dan kontribusinya bagi negara. Sekaligus masyarakat juga bisa berperan aktif apabila para perusahaan melakukan suatu tindakan pelanggaran.

"Nanti tugas kita menegur dan mengingatkannya. Ngga perlu membuat aksi-aksi yang dapat mengganggu kegiatan di pelabuhan, apalagi sampai mendesak perusahaan ditutup. Karena yang rugi bukan perusahaan saja tapi juga negara," pintanya.

Sebelumnya, warga yang bermukim di sekitar Marunda meminta perusahaan-perusahaan memberikan perhatian terhadap lingkungan masyarakat, yakni dalam hal kesehatan hingga pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Kami apresiasi apa yang digagas dan pola komunikasi aktif yang dilakukan KSOP. Keberadaan KCN sudah banyak berbuat mulai dari membuka lapangan kerja bagi masyarakat Marunda, menyalurkan CSR-nya langsung ke masyarakat serta mengikuti aturan yang ditentukan KSOP," kata Ketua Ikatan Solidaritas Anak Marunda Bachtiar.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)