PA 212 Minta Polisi Bersikap Atas Ucapan Menag Yaqut

Jum'at, 04 Maret 2022 - 18:20 WIB
loading...
PA 212 Minta Polisi Bersikap Atas Ucapan Menag Yaqut
Persaudaran Alumni 212 melakukan aksi di Kantor Kementerian Agama di Jakarta Pusat, Jumat (4/3/2022). Foto/MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Persaudaraan Alumni (PA) 212 melakukan aksi di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Jumat (4/3/2022). Aksi yang dimulai pukul 13.00 WIB tersebut mengusung tuntutan kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terkait dugaan penodaan agama.

Kedatangan ribuan peserta PA 212 itu untuk mengecam pernyataan Gus Yaqut yang mensejajarkan adzan dengan gonggongan anjing dan meminta Menag segera bertobat. Pernyataan itu dibacakan secara orasi oleh Kiai Haji Abdul Qohar Qodsy, Pimpinan PA 212.

”Mengecam keras pernyataan dari menteri agama, yang telah nyata melecehkan dan merendahkan panggilan adzan,” kata Abdul Qohar membacakan pernyataan sikap PA 212.Selain itu, mereka mengutip hasil ijtima komisi fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) ketujuh tahun 2021 terkait kriteria penodaan dan penistaan agama Islam.



”Menghina, menghujat, melecehkan dan bentuk-bentukperbuatan lain yang merendahkan adzan adalah termasuk penodaan dan penistaan agama, sehingga tindakan Menag Yaqut sudah dapat dikategorikan sebagai penodaan dan penistaan agama, wajib diproses pidana,” ungkapnya.

Abdul Qohar saat membacakan pernyataan sikap PA 212, berseru kepada kepolisian agar menentukan sikap secara professional atas ucapan Menag tersebut.

”Kami menuntut pihak kepolisian selaku penegak hukum untuk serius serta profesional memproses dugaan tindak pidana penodaan agama yang dilakukan oleh Yaqut Cholil Qoumas sebagai bukti bahwa kepolisian tidak menjadi tameng kekuasaan,” tegasnya.

Dalam pernyataan sikap tersebut, PA 212 diwakili oleh tiga ormas Islam selaku penanggung jawab. Dalam keterangannya, ditandatangani oleh Ketua Umum PA 212, Slamet Maarif; Ketua Umum GNPF-U, Yusuf Martak dan Ketua Umum FPI, Qurtubi Jaelani.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)