Anies Kirim 80 Relawan Bantu Korban Gempa Pasaman Barat

Rabu, 02 Maret 2022 - 06:34 WIB
loading...
Anies Kirim 80 Relawan Bantu Korban Gempa Pasaman Barat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengirim 80 relawan bantu korban gempa Pasaman Barat, Sumatera Barat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberangkatkan Satgas Kolaborasi Kemanusiaan untuk membantu korban gempa bumi M 6,1 di Pasaman Barat, Sumatera Barat. Apel pelepasan berlangsung di Kantor BPBD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (1/3/2022).

Anies menyebut bahwa pengiriman Satgas ini juga merupakan bentuk solidaritas. Maka dari itu, para anggota Satgas nantinya akan mewakili Pemprov DKI Jakarta, warga Jakarta dan saudara sebangsa untuk membantu para korban yang terdampak bencana gempa di Pasaman Barat.

”Atas nama Pemprov DKI dan seluruh warga Jakarta. Hadir ke sana untuk membantu meringankan beban, mengisi kekurangan, Insya Allah saudara kita di Pasaman Barat akan bisa bangkit pulih dan menjalankan kehidupan semula,” kata Anies, Rabu (2/3/2022).

Anies juga berpesan agar para anggota Satgas yang bertugas dapat meninggalkan kesan positif dan membantu warga menyelesaikan berbagai keluhan terkait bencana gempa. Harapannya, akan muncul perasaan dan suasana yang positif dan kondusif, sehingga mempercepat masyarakat Pasaman Barat dapat bangkit dan pulih.

Sebagai informasi, misi kemanusiaan ini berlangsung selama 10 hari, mulai Selasa, 1 Maret 2022 hingga Rabu, 10 Maret 2022. Satgas Kolaborasi Kemanusiaan membawa berbagai bantuan peralatan dan logistik.

Di antaranya terpal (300 lembar), matras tidur (300 lembar), makanan siap saji (1.200 kaleng), makanan ringan (300 kaleng), masker kain dan medis (masing-masing 50.000 buah), kasur (165 buah), velbed (100 buah),karung (2.000 buah), dan hand sanitizer (480 botol).

Selain bantuan dalam bentuk peralatan dan logistik, Satgas Kolaborasi Kemanusiaan juga akan memberikan dukungan pemulihan terhadap sarana dan prasarana terdampak gempa bumi serta layanan dukungan psikososial (LDP) dan layanan kesehatan bagi para penyintas.

Adapun kendaraan dan sarana prasarana yang juga dibawa dalam misi kemanusiaan ini terdiri dari Mobil Operasional (4 unit), Mobil Ambulance (2 Unit), Mobil Bus Personel (1 Unit), Motor Operasional (2 Unit), Peralatan SAR Perkotaan (1 Paket), Tenda Pengungsi (2 unit), dan Tenda Dapur Umum (1 Unit).

Satgas Kolaborasi Kemanusiaan untuk Gempa Pasaman Barat berjumlah 80 orang yang terdiri dari berbagai unsur kolaborasi perangkat daerah dan institusi lainnya, seperti BPBD DKI Jakarta (28 orang), Dinas Gulkarmat DKI Jakarta (15 orang).

Dinas Kesehatan DKI Jakarta (6 orang), Dinas Sosial DKI Jakarta (6 orang), Satpol PP DKI Jakarta (15 orang), Dinas Kominfotik DKI Jakarta (2 orang), BAZNAS (Bazis) DKI Jakarta (5 orang), dan Ikatan Keluarga Minang (3 orang).
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8307 seconds (0.1#10.140)