Horor Macet Puncak-Jakarta: Mobil Mogok, Keluarga Diungsikan ke Wisma

Senin, 28 Februari 2022 - 15:28 WIB
loading...
Horor Macet Puncak-Jakarta: Mobil Mogok, Keluarga Diungsikan ke Wisma
Horor macet Puncak, Bogor-Jakarta selama 12 jam pada Minggu (27/2/2022) hingga Senin (28/2/2022) pagi membekas di benak pengunjung yang menghabiskan liburan Isra Miraj. Foto: SINDOnews/Helmi Syarif
A A A
BOGOR - Horor macet Puncak, Bogor -Jakarta selama 12 jam pada Minggu (27/2/2022) hingga Senin (28/2/2022) pagi membekas di benak pengunjung yang menghabiskan liburan Isra Miraj. Salah satunya Endang yang kehabisan bensin gara-gara mesin mobilnya tidak dimatikan sepanjang kemacetan parah.

Akibatnya ketika kendaraan mulai berjalan merayap dia terpaksa mendorong mobilnya yang mogok ke parkiran restoran karena khawatir menimbulkan kemacetan semakin parah.
Baca juga: Kesaksian Warga Terjebak Macet Puncak-Jakarta 12 Jam: Hanya Bisa Makan Gorengan

Endang, warga Pandeglang, Banten mengaku tidak mematikan mobilnya karena ada anak-anak di dalam kendaraan sehingga harus menyalakan Air Conditioner (AC). “Saya terus menyalakan AC, tapi malah apes bensinnya habis,” tuturnya, Senin (28/2/2022).

Setelah mobilnya mogok, dia langsung mengungsikan anak-anaknya ke wisma yang ada di sekitar lokasi. “Saya ungsikan di dalam tadi minta izin sama satpam karena mobilnya mati,” ujarnya.

Endang baru saja keluar dari sebuah vila di sekitar Gunung Mas, Puncak, namun begitu sampai di Jalan Raya Puncak sudah macet.

Selama ke Puncak tidak pernah mengalami kemacetan parah hingga habis bahan bakar. Biasanya hanya satu atau dua jam terjebak macet. Adanya libur panjang kali ini membuat mobil dan sepeda motor langsung memenuhi Jalan Raya Puncak untuk berekreasi.

Kasat Lantas Polres Kabupaten Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menyebut ada beberapa kendala yang membuat arus lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor padat meski sudah dilakukan sistem satu arah (one way). Salah satu kendala banyaknya kendaraan yang mogok yang mengakibatkan arus lalu lintas tersendat.

"Kemarin memang saat melakukan proses one way arah bawah pada siang hari kita banyak menemukan kendala contohnya beberapa kendaraan kami temukan mogok di jalan," ujar Dicky.
Baca juga: Ini Penyebab Kemacetan Berjam-jam di Jalur Puncak Bogor

Selain itu, volume kendaraan juga terlihat meningkat seiring long weekend yang membuat banyaknya kendaraan menuju kawasan Puncak. "Terus juga motornya membeludak naik maupun turun. Mereka rata-rata tidak sabar. Kami sudah alihkan beberapa titik untuk mereka melewati alternatif tapi mereka keluar lagi. Pada saat diarahkan kepolisian mereka keluar lagi melambung lagi akhirnya nggak bisa lewat," jelasnya.

Meski demikian, pihaknya terus bekerja untuk mengurai kemacetan. Hingga Senin siang, arus lalu lintas sudah mulai terurai. "Beberapa minggu ke belakang memang bisa dikatakan cukup landai dan normal. Namun, kemarin mungkin karena efek long weekend jadi kendaraan luar biasa," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)