Anies Harapkan Jakarta Jadi Pusat Ekonomi Bisnis Dunia

Rabu, 23 Februari 2022 - 18:25 WIB
loading...
Anies Harapkan Jakarta Jadi Pusat Ekonomi Bisnis Dunia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Foto/Dok/Pemprov DKI
A A A
JAKARTA - DKI Jakarta akan memegang peran sebagai pusat ekonomi bisnis berskala global ke depan terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Hal itu diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah 2023-2026 yang diselenggarakan secara daring.

Forum ini merupakan bentuk tindak lanjut Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 70/2021 yang di dalamnya mengatur tentang tahapan dan tata cara penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) dan Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah Tahun 2023-2026.

Anies mengatakan, terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), di mana ke depan Jakarta akan memegang peran sebagai pusat ekonomi-bisnis berskala global. Hal tersebut akan berdampak fundamental terhadap bagaimana Jakarta beroperasi baik pada administratif, kewenangan, dan perekonomian.

Sehingga perlu perencanaan dan pengelolaan ke depan, agar dapat mewujudkan Jakarta sebagai kota perekonomian global.“Saat ini Jakarta sedang menyusun langkah hingga tahun 2026. Karena periode 2023-2026 ini periode yang pendek, sehingga harus kita siapkan pondasi untuk Jakarta menjadi kota perekonomian global. Bukan hanya pusat ekonomi Indonesia tapi pusat ekonomi global,” kata Anies dalam keterangannya, Rabu (23/2/2022).

Anies menuturkan, forum konsultasi publik ini dilaksanakan untuk menyerap saran atau masukan dari pemangku kepentingan (stakeholders) pembangunan daerah, termasuk juga dari unsur DPRD.

Anies juga memaparkan kondisi terkini yang dihadapi Jakarta, di mana pandemi Covid-19 menjadi tantangan yang mengubah Jakarta menjadi kota yang lebih berketahanan.
“Izinkan saya memulai dengan memaparkan kondisi terkini yang dihadapi Jakarta, yang mana dua tahun ini kita menghadapi krisis berupa pandemi, di mana krisis merupakan perubahan yang dipercepat. Maka dari itu kita juga harus merespons perubahan itu dengan cepat dan tepat serta menyiapkan bagaimana desain pembangunan dan pengelolaan kota yang lebih berketahanan,” ujarnya.

Anies melanjutkan, guna mencapai visi tersebut, Anies mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam membangun kota ini ke depan. “Ini adalah momentum kita semua untuk merangkai visi Jakarta ke depan. Jakarta adalah milik bersama. Untuk itu kami Pemprov DKI Jakarta mendorong peran serta dan kolaborasi semua elemen masyarakat dalam membangun kota ini,” ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)