Anies Hadirkan Inovasi Teknologi Pengolahan Sampah di TPST Bantargebang

Senin, 21 Februari 2022 - 20:00 WIB
loading...
Anies Hadirkan Inovasi Teknologi Pengolahan Sampah di TPST Bantargebang
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadirkan sejumlah inovasi teknologi untuk pengolahan sampah di TPST Bantargebang, Kota Bekasi. Foto: @aniesbaswedan
A A A
BEKASI - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadirkan sejumlah inovasi teknologi untuk pengolahan sampah di TPST Bantargebang, Kota Bekasi. Anies hari ini melakukan groundbreaking fasilitas Refuse Derived Fuel (RDF) Plant serta penyerahkan aset Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Merah Putih.

RDF adalah teknologi pengolahan sampah menjadi energi biomassa yang selanjutnya digunakan sebagai sumber energi baru dan terbarukan (EBT). Fasilitas RDF Plant bertujuan untuk mengolah sampah, baik sampah baru maupun sampah yang sudah terkumpul di TPST Bantargebang.



"RDF Plant ini diproyeksikan bisa mengolah sampai 2.000 ton, rinciannya 1.000 ton sampah baru dan 1.000 ton sampah yang sudah ada di kawasan Bantargebang ini. Proyek ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi di hilir tentang pengelolaan sampah, mengurangi yang sudah dikirimkan ke TPST Bantargebang," kata Anies.

Anies Hadirkan Inovasi Teknologi Pengolahan Sampah di TPST Bantargebang


Secara bersamaan hari ini Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga menyerahkan aset PLTSa Merah Putih kepada Pemprov DKI Jakarta. Anies mengatakan, PLTSa merupakan karya inovasi karya anak bangsa. "Kami mengapresiasi pilot project antara BRIN dengan DKI Jakarta, sebuah pembangkit lisrik berbahan bakar sampah karya putra-putri terbaik bangsa," ujarnya.

PLTSa tidak hanya sebagai solusi bagi Jakarta, namun juga dapat menangani sampah di Kota Bekasi yang kian hari semakin menumpuk.

"Menurut Badan Riset Nasional (BRIN), dari 1.000 ton sampah yang dikelola setiap harinya mampu menghasilkan daya listrik sebesar 700 Kilowatt. Diharapkan mampu menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan sampah yang ada," ucap Anies.



Anies membeberkan, setiap hari penduduk Jakarta yang berjumlah 10 juga menghasikkan rata-rata 0,7 kg sampah. Maka sekitar 7000 ton sampah dari Jakarta dikirim setiap hari ke TPST Bantargebang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)