Asal Usul Kampung Rambutan, Sebutan Pohon Ilmiah Nephelium Lappaceum

Minggu, 20 Februari 2022 - 06:26 WIB
loading...
Asal Usul Kampung Rambutan, Sebutan Pohon Ilmiah Nephelium Lappaceum
Potret Terminal Kampung Rambutan di Jakarta Timur. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebuah penamaan kampung biasanya berdasarkan dengan karakteristik suatu tempat atau geografisnya. Begitu pula dengan nama Kampung Rambutan. Kampung Rambutan merupakan sebuah daerah yang letaknya di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Nama Kampung Rambutan cukup populer karena di sana terdapat terminal bus antarkota antar provinsi yang cukup besar, yakni Terminal Kampung Rambutan. Lantas bagaimana asal-usul wilayah ini dinamakan Kampung Rambutan?

Sesuai namanya, wilayah ini diberi nama Kampung Rambutan lantaran banyaknya pohon rambutan yang tumbuh di kawasan tersebut pada awal abad ke-19.

Dulu, pohon bernama ilmiah Nephelium Lappaceum itu tumbuh di kebun-kebun dan halaman rumah penduduk yang kebanyakan beretnis Betawi. Selain itu, terdapat pula kebun rambutan di sekitar jalan yang kini disebut Jalan Letjen TB Simatupang.

Ketika sedang musim panen, buah rambutan melimpah ruah. Rambutan yang jumlahnya banyak tersebut lantas dijual ke pasar yang tempatnya tidak begitu jauh. Karena menghasilkan dan memasok banyak buah rambutan, akhirnya wilayah itu dikenal dengan nama Kampung Rambutan.

Namun, roda zaman yang bergulir membawa perubahan. Berbeda dengan dulu saat daerah Kampung Rambutan memiliki banyak rambutan, kini keadaan sudah berubah drastis. Zaenuddin HM dalam buku 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe menuliskan, jangan membayangkan tempat itu banyak pohon rambutannya.

Pohon rambutan di Kampung Rambutan lama-kelamaan berkurang hingga akhirnya sulit ditemukan. Saat ini Kampung Rambutan hanya sekadar nama, tidak lagi memiliki banyak pohon rambutan seperti dulu.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)