Sambut Harlah Ke-99, PWNU DKI Luncurkan Halal Centre NU

Kamis, 17 Februari 2022 - 20:38 WIB
loading...
Sambut Harlah Ke-99, PWNU DKI Luncurkan Halal Centre NU
Menjelang 1 Abad Harlah Ke-99 NU, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta meluncurkan program World Halal Centre NU (WHC NU). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Menjelang 1 Abad Harlah Ke-99 NU , Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta meluncurkan program World Halal Centre NU (WHC NU). Program ini merupakan bagian dari program kerja PWNU untuk pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Nahdlatul Ulama lahir diawali dengan berdirinya Nahdlatut Tujjar atau kebangkitan para pedagang di tahun 1918 di mana tujuannya saat itu mengangkat perekonomian khususnya warga muslim. Lemahnya kemampuan ekonomi warga muslim kurang mendukung suksesnya dakwah yang dijalankan," kata Ketua PWNU DKI Jakarta Dr KH Samsul Ma’arif di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (17/2/2022).
Baca juga: PWNU DKI Apresiasi Polri Lakukan Penahanan Ferdinand Hutahaean

“Menjelang 1 Abad sejak berdirinya Nahdlatul Ulama, sejarah kembali berputar. Di tengah pandemi ini, ekonomi masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah mengalami dampak yang signifikan,” ujar kiai lulusan Ponpes Tebuireng ini.

Untuk itu, PWNU DKI bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan WHC NU sebagai bagian ikhtiar bersama-sama memulihkan perekonomian Jakarta, khususnya bagi UKM.

Anies yang meluncurkan WHC NU menginstruksikan kepala dinas untuk langsung segera berkolaborasi. “Mudah-mudahan bisa menjadi pertama yang terbaik. Kami juga ada program Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), maka dengan adanya WHC NU bisa jadi klop bahkan menjangkau pasar yang lebih luas karena potensi Jakarta ke depan sebagai kota bisnis,” ujar Anies.

Ketua WHC NU H Muslich Ramelan menyampaikan peluncuran WHC NU merupakan respons positif dari PWNU DKI atas berlakunya UU No 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal dan PP No 39 Tahun 2021.

“Setelah teregistrasi resmi di pemerintah, WHC NU mencanangkan target berperan serta dalam program sertifikasi halal untuk UMK sebanyak 10 juta pelaku usaha dan mencetak 1.000 orang pendamping pengusaha UMK di tahun 2022 ini,” ungkap Muslich Ramelan.

Untuk menjalankan target tersebut, WHC NU telah menjalin kerja sama dengan Dinas UPPKUKM, PT Sucofindo, LPPOM MUI, berbagai perguruan tinggi. Kemudian, berkolaborasi dengan Halal International Foundation yaitu negara yang memiliki halal centre dan beranggotakan Malaysia, Singapura, New Zealand, Mexico, serta beberapa negara timur tengah.
Baca juga: 25 PWNU Usulkan KH Miftachul Akhyar Jadi Calon Rais Aam dan Gus Yahya Ketum PBNU

H Sudarto selaku Ketua Panitia Launching WHC NU menambahkan kegiatan ini sengaja dilaksanakan di Balai Kota DKI dengan mengundang seluruh stakeholder yang terdiri dari pejabat Pemprov DKI, perusahaan swasta nasional, kalangan akademisi dan perguruan tinggi, kalangan pengusaha UMK dan para ulama.

“Hal ini untuk membantu pemerintah khusus dalam rangka percepatan program sertifikasi halal dan pemulihan ekonomi khususnya di Jakarta," kata Sudarto.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur dan semua pihak sehingga launching WHC NU berlangsung lancar dan sukses. Semoga kehadiran WHC NU dapat menjadi bagian kemandirian warga nahdliyyin khususnya dan bangsa ini pada umumnya," tambahnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)