Alumni Akpol 95 Ringankan Beban Nelayan Terdampak Covid-19 di Pulau Harapan

Sabtu, 13 Juni 2020 - 22:27 WIB
loading...
Alumni Akpol 95 Ringankan Beban Nelayan Terdampak Covid-19 di Pulau Harapan
Ketua Patria Tama Kombes Pol Wahyu Bintono saat menyerahkan bantuan kepada warga. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 menggugah kepedulian sosial para alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1995 untuk membantu masyarakat yang terdampak. Para alumni Akpol yang menamakan diri Patria Tama ini menyerahkan bantuan sebanyak 1.000 paket sembako kepada warga di Pulau Harapan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Sabtu (13/6/2020).

Kegiatan peduli Akpol 95 ini juga untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-74. Sebanyak delapan perwira menengah (pamen) yang mewakili alumni Akpol 95 berangkat ke Pulau Harapan untuk menyerahkan bantuan. Mereka berangkat dari Pelabuhan Marina Ancol. Mereka adalah Kombes Pol Wahyu Bintono, Kombes Pol MokhamadNgajib, Kombes Pol Singgamata, Kombes Pol Alusiyous Supriadi, Kombes Teguh P, Kombes Pol Elfri Maith, Kombes Pol Defrian, Kombes Pol Heru, dan AKBP Andreas Wisnu Judana.

"Ini kegiatan pertama alumni Akpol 95 di masa pandemi Covid-19 ini. Jika keadaan mendukung, kegiatan seperti ini akan dilakukan kembali untuk membantu warga yang terdampak pandemi virus Corona ini," ujar Kombes Pol Wahyu Bintono yang didaulat menjadi Ketua Patria Tama.

Menurut dia, warga Pulau Harapan di Kabupaten Kepulauan Seribu termasuk yang merasakan kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. "Sebagai warga yang mayoritas bekerja sebagai nelayan, saat ini mereka kesulitan lantaran pembeli ikan hasil tangkapan mereka sangat berkurang jumlahnya. Itu sebabnya, para alumni menyalurkan bantuan untuk warga Pulau Harapan," paparnya.

Secara nasional alumni Akpol 95 Patria Tama menyalurkan pembagian sembako sebanyak 25.000 paket, yang dilaksanakan serentak pada Sabtu dan Minggu (3-14 Juni 2020), jelang Hari Bhayangkara ke 74.

Penyaluran bantuan paket sembako kepada warga terdampak Covid-19 di beberapa daerah di Indonesia mencakup Polda Metro Jaya 7.000 paket, Polda Jawa Tengah 4.000 paket, Polda Jawa Timur 5.000 paket, Polda Banten 2.000 paket, Polda Lampung 2.000 paket, Polda Jambi 1.000 paket, Polda Maluku 1.000 paket, Polda Sultra 1.000 paket, Polda DIY 1.000 paket, dan Polda Sulsel 1.000 paket.

"Untuk pembagian sembako di wilayah Jakarta dilaksanakan di seluruh wilayah Ibu Kota, diantaranya dibagikan secara langsung oleh perwakilan angkatan 95 di Pulau Harapan sebayak 1.000 paket," kata Kombes Wahyu.

Hadirnya alumni Akpol 95 membawa bantuan pangan di tengah kesulitan ekonomi ini tentunya disambut gembira oleh warga Pulau Harapan. "Kami terharu dan sangat berterima kasih atas bantuan dari bapak-bapak polisi alumni Akpol 95. Bantuan sembako ini sangat bermanfaat dan meringankan beban kami sebagai warga nelayan," kata Arsina, warga Pulau Harapan, yang mendapat bantuan sembako.

Hingga saat ini, menurut Ardina, Pulau Harapan masih berstatus zona hijau atau zona aman dari Covid-19. Warga masih leluasa beraktivitas seperti biasa. "Tapi, jumlah pembeli ikan hasil tangkapan kami sangat berkurang akibat virus Corona. Dampaknya, penghasilan kami juga sangat berkurang," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)