Sepanjang 2021, Dinas LH DKI Angkut 2,1 Ton Sampah Medis

Senin, 14 Februari 2022 - 07:56 WIB
loading...
Sepanjang 2021, Dinas LH DKI Angkut 2,1 Ton Sampah Medis
Dinas LH DKI Jakarta mengangkut 2,1 ton sampah medis warga yang isoman di wilayahnya. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sepanjang 2021, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta berhasil mengangkut sebanyak 2,1 ton sampah medis di berbagai wilayah Ibu Kota. Sampah medis itu didominasi masker bekas dari rumah warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).

Kasie Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas LH DKI Jakarta, Rosa Ambarsari menyebut, sampah medis ditangani petugas dengan tahapan dipilah, dikemas secara khusus, disemprot cairan disinfektan lalu dimusnahkan.

”Sampah medis yang petugas tangani seberat 2,1 ton selama tahun 2021,” kata Rosa, Senin (14/2/2022).

Dia memaparkan, meningkatnya sampah medis seiring dengan tren kasus positif Covid-19. Dengan begitu, jika kasus positif naik, maka banyak warga Jakarta yang melakukan isoman di rumah. ”Kita lakukan penanganannya seperti penanganan limbah infeksius,” ujarnya.

Rosa mengajak warga, khususnya yang tengah menjalani isoman di rumah agar memilah dan mengemas sampah medis. Dengan demikian, petugas dapat dengan cepat menangani tanpa perlu memilahnya kembali. ”Kita harapkan partisipasi warga, terutama yang sedang isoman,” tuturnya.

Rosa menambahkan, sampah medis yang diangkut dari rumah warga dikirim ke tempat pengumpulan sampah medis yang ada di setiap kecamatan.

Sampah itu selanjutnya dikirim ke tempat pembuangan sampah tingkat kota sebelum dimusnahkan.”Kita sudah bekerja sama dengan jasa pengolahan limbah medis dan B3 yang memiliki lisensi dan izin,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)