Covid-19 Kembali Mengganas, Permintaan Ambulans di Jakarta Naik 9 Kali Lipat

Minggu, 06 Februari 2022 - 17:39 WIB
loading...
Covid-19 Kembali Mengganas, Permintaan Ambulans di Jakarta Naik 9 Kali Lipat
Covid-19 kembali mengganas, permintaan mobil ambulans di Jakarta untuk mengevakuasi pasien meningkat hingga 9 kali lipat. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Angka terkonfirmasi positif Covid-19 terus melonjak di wilayah Indonesia, termasuk DKI Jakarta. Seiring Covid-19 yang kembali mengganas, permintaan mobil ambulans untuk mengevakuasi pasien meningkat hingga 9 kali lipat.

Sepanjang Januari 2022 jumlah ambulans mengevakuasi sudah sebanyak 857 kegiatan. “Naik 8-9 kali lipat dibandingkan Desember 2021,” kata Kepala Unit Ambulance Gawat Darurat (AGD) Dinas Kesehatan DKI Jakarta Winarto, Minggu (6/2/2022).
Baca juga: Tabrakan dengan Ambulans, Pelajar di Bogor Luka Parah

Secara rata-rata, ambulans Pemprov DKI Jakarta mengevakuasi 28 pasien terpapar setiap harinya. Meski demikian, kondisi ambulans masih memadai dan tidak mengalami krisis. “Masih tercukupi karena dibantu ambulans Puskesmas, RSUD, RS Swasta, dan beberapa ormas/CSR lainnya,” ucapnya.

Menurut dia, AGD Pemprov DKI diprioritaskan untuk pasien yang mengalami gejala berat. Meski begitu, pihaknya tak menutup kemungkinan melakukan evakuasi pada pasien yang bergejala ringan.

“Gejala ringan dan OTG biasanya dibantu ambulans Puskesmas, namun kadang AGD tetap melayani yang ringan juga. Prioritas kami utamakan yang gejala sedang dan berat, tapi kami fleksibel,” kata Winarto.
Baca juga: Nikah Pakai Ambulans, Pasangan Pengantin Berurusan dengan Polisi
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)