Foodbank of Indonesia-ANJ Kolaborasi Penuhi Gizi Anak Indonesia

Rabu, 02 Februari 2022 - 20:56 WIB
loading...
Foodbank of Indonesia-ANJ Kolaborasi Penuhi Gizi Anak Indonesia
ANJ memberikan bantuan melalui Foodbank of Indonesia (FOI) berupa 250 kg tepung sagu dan 12.500 gram edamame untuk memenuhi gizi anak Indonesia melalui kampanye Bikin Dapur Ngebul. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) memberikan bantuan melalui Foodbank of Indonesia (FOI) berupa 250 kilogram tepung sagu dan 12.500 gram edamame untuk memenuhi gizi anak Indonesia melalui kampanye Bikin Dapur Ngebul.

Founder FOI Hendro Utomo menjelaskan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada 25 Januari 2022 lalu. "Sekaligus mendukung upaya para ibu Indonesia kembali ke dapur untuk mengolah makanan sendiri," kata Hendro di Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Hingga kini, kelaparan pada anak masih menjadi salah satu isu yang perlu diperhatikan karena dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Hasil survei yang dilakukan FOI pada tahun 2020 menunjukkan bahwa 27% balita Indonesia pergi ke sekolah (PAUD) dalam keadaan lapar karena tidak sarapan.
Baca juga: Foodbank of Indonesia dan Pemprov DKI Kerja Sama Ketahanan Pangan untuk Masyarakat Rentan

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan 2019, balita (bayi berusia kurang dari lima tahun) yang mengalami stunting di Indonesia sebesar 27,67%.

Menurut Hendro, sulitnya akses terhadap makanan layak karena mahalnya bahan pangan menjadi salah satu penyebab kelaparan. Padahal, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga dengan harga yang relatif murah, yaitu dengan mengonsumsi pangan lokal.

"Di sinilah peran ibu menjadi sosok yang penting dalam menentukan preferensi makan keluarga khususnya anak," ujar Hendro.

Sejak tahun 2015 Foodbank of Indonesia (FOI) berkomitmen membuka akses pangan dan memerangi kelaparan di tengah masyarakat. "Hal ini salah satunya dilakukan melalui kampanye Bikin Dapur Ngebul yang berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung ibu Indonesia kembali mengolah makanan di dapur," ucapnya.

Dalam kampanye ini, FOI juga mengajak masyarakat untuk mengonsumsi makanan lokal yang aksesnya lebih dekat dan mudah didapatkan. Kampanye ini disambut baik dan mendapatkan dukungan dari banyak pihak, salah satunya ANJ. "ANJ dan FOI berkolaborasi memberikan edukasi kepada para ibu untuk mengolah makanan lokal melalui kelas memasak Bikin Dapur Ngebul," kata Hendro.

Kelas memasak ini dilaksanakan beberapa waktu lalu di Posyandu Cipulir mitra FOI. Pelatihan berupa cara mengolah milkshake edamame dan popcorn chicken dilatih langsung oleh tim Food Technologist ANJ.

Kelas memasak ini dihadiri kaum ibu-ibu relawan FOI dan hasil olahannya akan dibagikan kepada anak-anak dari keluarga ekonomi lemah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2918 seconds (0.1#10.140)