Mau Perpanjang SIM di Akhir Pekan, Ini Lokasinya di Jakarta

Minggu, 30 Januari 2022 - 08:49 WIB
loading...
Mau Perpanjang SIM di Akhir Pekan, Ini Lokasinya di Jakarta
Polda Metro Jaya tetap membuka layanan SIM Keliling (Simling) pada akhir pekan Minggu (30/1/2022). Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya tetap membuka layanan SIM Keliling (Simling) pada akhir pekan Minggu (30/1/2022). Masyarakat bisa memperpanjang baik SIM A maupun SIM C.

Berdasarkan informasi yang diunggah akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, terdapat dua lokasi pelayanan SIM Kelilin di wilayah Jakarta hari ini.



Untuk lokasi SIM Keliling pertama berada di Jalan Raden Inten samping Mcd Duren Sawit, Jakarta Timur. Sedangkan lokasi kedua berada di Jalan Panjang depan Bank BJB Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kepemilikan SIM adalah sebagai penanda bahwa pengemudi kendaraan bermotor (mobil ataupun sepeda motor) sudah cukup kompeten dalam mengoperasikan kendaraan bermotor. Bagi pengemudi yang kedapatan tidak memiliki SIM A maupun SIM C, maka akan ditilang oleh polisi.



Perlu diingat bahwa layanan di Simling akhir pekan ini hanya buka hingga pukul 12. 00 WIB. Bagi masyarakat yang hendak memperpanjang SIM, jangan lupa untuk membawa sejumlah persyaratan perpanjangan SIM seperti KTP asli, fotokopi KTP, SIM lama.



Untuk biaya perpanjangan SIM A dan SIM C yang dilayani di SIM Keliling sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), tarif perpanjang untuk SIM A Rp80.000 dan C Rp75.000.

Saat perpanjangan SIM perlu diperhatikan agar tidak melewati batas masa berlaku SIM. Perpanjangan SIM juga dapat melakukan aplikasi Sinar (SIM Presisi Nasional) besutan Korlantas Polri yang diluncurkan pada 13 April 2021 lalu.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)