Posko dan Bendera Ormas Berkibar di RSU Pondok Betung Tangsel

Kamis, 27 Januari 2022 - 17:51 WIB
loading...
Posko dan Bendera Ormas Berkibar di RSU Pondok Betung Tangsel
Ada posko dan bendera ormas berkibar di RSU Pondok Betung, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Foto: MPI/Hambali
A A A
TANGERANG SELATAN - Ada posko dan bendera ormas berkibar di RSU Pondok Betung, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Ternyata RSU Pondok Betung belum beroperasi. Bangunan itu belum diserahterimakan dari Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR).

Secara fisik pengerjaannya sudah rampung. Gedung RSU Pondok Betung terpantau sepi aktivitas, sedangkan gerbangnya dalam kondisi tertutup rapat.
Baca juga: Ditertibkan, Puluhan Posko Ormas di Jakbar Bakal Dijadikan Musala dan Tempat Pengajian

Ada hal mencolok di sana. Terlihat satu mobil berlogo ormas terparkir di halaman. Selain itu, posko dan bendera ormas juga berkibar di pagar gerbang masuk.

Posko itu masih berdiri kokoh, hanya saja warna catnya yang berubah dari hijau menjadi corak merah putih. Beberapa bagian selasar lantainya mulai diratakan, tetapi secara umum posko tersebut masih berdiri di halaman masuk RSU.

Kabid Bangunan Non Perkantoran Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) Tangsel Ihtiyan Hermansyah mengakui bangunan RSU sudah rampung dan tinggal menunggu proses serah terima kepada Dinas Kesehatan (Dinkes). "Lagi persiapan Berita Acara Serah Terima (BAST)," katanya, Kamis (27/1/2022).

Keberadaan posko ormas di sana sudah diselesaikan secara mediasi dengan pimpinannya. Artinya, posko itu segera dibongkar setelah pembayaran uang kompensasi sebesar Rp10 juta. "Udah nggak ada masalah, udah clear (ormas). Ya itu mah (Rp10 juta) kerohiman biasa aja buat temen-temen. Maksudnya kita kasih buat temen-temen bongkar sendiri," ungkapnya.
Baca juga: Cegah Bentrok, Posko Ormas di Tambora Dicat Merah Putih

Jika posko ormas sudah dibongkar, pihaknya segera merapikan area depan gerbang masuk RSU. Tetapi, dia belum bisa memastikan tenggat waktu kapan posko dibongkar.

Mediasi dengan ormas sudah berlangsung beberapa waktu lalu. Posko di sana memang berdiri sejak lama sebelum proyek RSU berjalan. "Udah lama itu sebelum pekerjaan. Saya nggak tahu persis kapan berdirinya. Saya kan kebetulan baru (menjabat), tapi poinnya alhamdulillah udah ada ketemu titik terang. Artinya, kan buat kepentingan semua masyarakat, buat kesehatan," ujar Ihtiyan.

Pihak Kelurahan Pondok Betung sempat dilibatkan dalam mediasi soal posko ormas di RSU. Namun, Lurah Nurhasan enggan mengomentari soal kesepakatan pembongkaran posko. "Mediasi dari dulu, sering. Kalau saya mah dalam hal ini ketempatan wilayah doang. Terkait dengan kewilayahan ya diundang," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3190 seconds (0.1#10.140)