Kerja 10 Jam, Puluhan Karyawan Pinjol di PIK 2 Digaji Rp3 Juta per Bulan

Kamis, 27 Januari 2022 - 14:22 WIB
loading...
Kerja 10 Jam, Puluhan Karyawan Pinjol di PIK 2 Digaji Rp3 Juta per Bulan
Polisi gerebek kantor pinjol dan mengamankan pekerjanya di PIK 2, Jakarta Barat. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Puluhan karyawan perusahaan pinjaman online ( pinjol ) yang digerebek di kawasan Pantai Indah Kapuk ( PIK ) 2 digaji di bawah Upah Minimum Regional ( UMR ). Para karyawan tersebut dipekerjakan selama 10 jam per harinya.

"(Gaji karyawan) minimal Rp3 juta," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat dikonfirmasi, Kamis (27/1/2022).

Selain itu, kata dia, hasil pemeriksaan sementara para karyawan itu dipekerjakan selama 10 jam setiap harinya. Mereka mulai bekerja sejak pukul 09.00 WIB hingga 19.00 WIB.

"Kemudian kegiatan yang dilakukan pinjol di tempat ini tiada henti dalam 1 minggu. Mereka beroperasi terus setiap hari mulai jam 9 pagi sampai jam 7 malam," kata Zulpan.



Zulpan menyatakan, dari 99 karyawan itu rata-rata anak di bawah umur. Tetapi, belum dirinci berapa jumlahnya.

"Kita lihat banyak di sini yang bekerja adalah masyarakat yang masih di bawah umur," kata Zulpan.

Sebelumnya, Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menggerebek kantor pinjaman online (pinjol) di kawasan Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara. Dari penggerebekan itu 99 orang diamankan.

Dari puluhan orang yang diamankan itu, satu di antaranya merupakan manajer. Sementara sisanya merupakan pegawai pinjol. "Terdiri dari 1 manajer, 98 karyawan," katanya.

Puluhan karyawan itu pun terbagi menjadi dua tim. Di mana, tim pertama yang berjumlah 48 karyawan bertugas sebagai pengingat para nasabah untuk membayar tagihan.

Sementara untuk sisanya bertugas sebagai pengingat dan penagih kepada para nasabah yang telat membayar. Mereka menggunakan cara-cara yang melanggar aturan.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)