10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC

Rabu, 19 Januari 2022 - 20:05 WIB
loading...
10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC
Moon Knight, pahlawan baru di jagat sinematik Marvel, sering dibanding-bandingkan dengan Batman karena sejumlah persamaan. Padahal, mereka sebenarnya berbeda. (Foto: Screen Rant)
A A A
Pahlawan Marvel yang akan diperkenalkan di layar televisi, Moon Knight, sering kali dibanding-bandingkan dengan Batman. Sepak terjang mereka yang hampir mirip membuat dua superhero dari dua dunia berbeda ini sulit untuk dilewatkan. Banyak orang menyebut kalau Moon Knight adalaha jawaban Marvel terhadap Batman.

Secara penampakan, keduanya memang mirip. Mereka bertopeng, beraksi di malam hari dan mengenakan jubah. Selain itu, mereka juga kaya. Kekayaan itu mereka pakai untuk mendanai kegiatan mereka sebagai vigilante. Cukup mirip, kan?

Namun, meski punya kemiripan yang terlihat dekat, Moon Knight dan Batman adalah karakter yang berbeda sama sekali. Motif mereka pun juga sangat berbeda. Selain itu, Moon Knight baru akan debut di layar lewat serialnya di Disney+ dengan diperankan Oscar Isaac. Batman telah malang melintang di layar lebar dan layar kaca dengan berbagai aktor telah memerankannya. Lantas apa yang membedakan Moon Knight dengan Batman? Dikutip dari CBR, berikut ulasannya!



10. White Knight dan Dark Knight
10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC

Moon Knight mengenakan kostum putih, sementara Batman kostumnya berwarna hitam/abu-abu. Batman mengenakan kostum gelap untuk memicu ketakutan, misteri dan menyembunyikan citra sebenarnya. Keberadaannya sering lebih seperti legenda—sosok kelelawar berukuran manusia yang memberantas kejahatan.

Sebaliknya, Moon Knight mengenakan kostum putih agar mudah melihat dalam kegelapan. Keberadaannya sebagai orang yang melindungi lingkungan sekitarnya sudah jelas. Moon Knight tidak punya masalah kalau publik tahu keberadaannya, sementara Batman lebih suka tetap samar.

9. Asal usul Moon Knight dan Batman
10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC

Asal usul dan motif Batman sudah diketahui di mana-mana. Setelah menyaksikan kematian orangtuanya, Bruce Wayne menjadi Batman untuk memberantas kejahatan di Gotham City. Dia bisa melindungi orang dari trauma yang pernah dia rasakan. Moon Knight alias Marc Spector punya asal usul yang sangat berbeda.

Marc adalah mantan tentara bayaran. Setelah tewas, Marc dihidupkan lagi oleh dewa bulan Mesir, Khonshu. Setelah bangkit dari kematian, Marc menjadi abdi Khonshu. Dia menggunakan kekuatan yang baru saja diterimanya untuk membunuh penjahat dan menebus dirinya dari kehidupan yang keras.

8. Bersedia membunuh
10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC

Salah satu perbedaan paling nyata antara Batman dan Moon Knight adalah moral mereka. Moon Knight tidak berkonflik dengan ambiguitas moral untuk membunuh orang yang dia anggap jahat. Meskipun Batman juga pernah membunuh, salah satu debat yang terus megemuka adalah apakah Batman (secara moral) bisa membunuh orang.

Sebelum menjadi Moon Knight, Marc Spector adalah pembunuh. Menjadi Moon Knight mengubah moralnya terkait membunuh. Dia bisa membunuh selama itu adalah orang jahat. Menjadi Moon Knight mengurangi tolenransi Marc terhadap kekerasan ekstrem, sementara, menjadi Batman malah meningkatkan tolenransi Bruce Wayne terhadap kekerasan ekstrem.

7. Gaya bertarung
10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC

Banyak hal mengemuka saat melihat gaya bertarung Moon Knight dan Batman. Ketika melawan musuhnya, Moon Knight tidak menahan apa-apa. Moon Knight menggunakan lingkungan sekitarnya sebagai senjata, dengan terus menerus memperlihatkan kalau dia tidak segan menghajar musuhnya itu dengan brutal.

Tapi, Batman berbeda. Dia selalu menahan diri. Alih-alih melayangkan tinjunya yang paling brutal, Batman akan menundukkan musuhnya, tanpa mempertaruhkan nyawa. Batman nyaris menggunakan pukulan sebagai satu-satunya senjata. Moon Knight jelas akan mengambil apa pun di sekitarnya untuk dijadikan senjata melawan musuhnya.

6. Kesehatan mental
10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC

Meski baru-baru ini komik Batman mengeksplorasi tema kesehatan mental, tidak ada karakter komik superhero yang dieksplorasi seperti Moon Knight. Tema kesehatan mental sudah dieksplorasi Moon Knight sejak karakter ini debut pada 1975. Secara umum, kondisi mental Batman juga tidak terlalu bagus karena dia melihat orangtuanya dibunuh di depan matanya.

Bersama alter ego superheronya, Marc Spector punya 4 kepribadian berbeda untuk mendapatkan informasi untuk memberantas kejahatan. Kepribadian-kepribadian ini sering bentrok dan menciptakan hambatan unik bagi Moon Knight untuk melaksanakan misi untuk Khonshu. Menyingkirkan sebutan kesehatan mental dari Moon Knight akan menjadi penggambaran dusta bagi karakter itu.

5. Kemampuan dan kekuatan
10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC

Sudah luas diketaui kalau Batman tidak punya kekuatan super. Dia sangat bergantung pada kemampuan level tinggi dan teknologi canggih. Ketika dia berhadapan dengan musuh berkekuatan super, sudah biasa baginya untuk mengandalkan gawai atau mengenakan kostum zirah yang awet.

Moon Knight beruntung mendapatkan kekuatan mistik untuk meningkatkan kemampuannya sebagai superhero. Tak seperti sebagian besar pahlawan berkekuatan super, kemampuan supranatural Moon Knight hanya bekerja di malam hari. Moon Knight diberkahi dengan kekuatan dan ketahanan tubuh di malam hari, yang membuatnya lawan yang seimbang bagi makhluk berkekuatan super lainnya.

4. Moon Knight tidak bisa mati
10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC

Sebagai avatar keramat bagi dewa bulan, Khonshu, Moon Knight tidak bisa mati. Kapan saja dia tewas, mau dibunuh atau menyerahkan nyawa demi orang lain, dia direinkarnasi lagi oleh Khonshu. Dari awal sejak diciptakan, Moon Knight baru dibangkitkan dua kali. Batman tidak punya kemampuan immortal ini. Dia sudah mati lebih dari sekali di komik DC. Kematiannya yang paling kondang terjadi di Grant Morrison’s Final Crisis.

3. Kemampuan otak
10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC

Tak seperti Bruce Wayne, Marc Spector dikenal tidak cerdas. Batman dikenal sebagai perencana strategis Justice League, merencanakan pertarungan dan lainnya. Aktivitas malam Batman juga bukan sekadar bertarung melawan penjahat. Alih-alih menghabiskan waktu bertarung, Batman menggunakan kemampuannya sebagai detektif untuk mengumpulkan petunjuk dan mencari otak di balik kejahatan tertentu.

2. Teman-teman
10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC

Salah satu perbedaan kuat antara Batman dan Moon Knight bisa dilihat dari sekelompok orang di sekitar mereka. Batman suka bekerja bersama Bat-Family, sekelompok vigilante yang mahir dan sangat terlatih. Moon Knight dikenal mempekerjakan teman sesama tentara bayarannya, Frenchie, dan seorang gelandangan bernama Crawley. Dia juga dibantu seorang pelayan dan dua anaknya. Bisa dikatakan, Batman punya standar yang agak lebih tinggi untuk bantuan.



1. Moon Knight adalah mantan penjahat
10 Bukti Perbedaan Moon Knight Marvel dengan Batman DC

Saat debut di Werewolf by Night #32, Moon Knight menjadi antagonis utama. Setelah sejumlah lini cerita heroik di serialnya sendiri, Moon Knight berubah dari penjahat menjadi antihero dan menjadi superhero. Sementara, Batman secara moral abu-abu dalam area tertentu. Prinsipnya dalam menghentikan kejahatan dan perasaannya yang kuat untuk menjaga nyawa mendorong Batman masuk ke wilayah superhero.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)