Masih Tunggu Pihak Ketiga, Camat Cilandak Sosialisasikan Pembangunan Waduk Lebak Bulus

Kamis, 06 Januari 2022 - 10:02 WIB
loading...
Masih Tunggu Pihak Ketiga, Camat Cilandak Sosialisasikan Pembangunan Waduk Lebak Bulus
Pemprov DKI Jakarta menyiapkan empat waduk untuk mengantisipasi banjir di Jakarta, salah satunya Waduk Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan empat waduk untuk meng antisipasi banjir di Jakarta, salah satunya Waduk Lebak Bulus , Cilandak, Jakarta Selatan. Pihak kecamatan pun melakukan sosialisasi tentang pembangunan tersebut.

"Kita tak paham masalah pembangunan waduk, cuma kita mensosialisasikan kepada warga sekitar bahwa di situ ada pembangunan," ujar Plt Camat Cilandak Djaharuddin saat dikonfirmasi, Kamis (6/1/2022).

Menurutnya, soal rencana pembangunan waduk itu pihaknya sudah lama melakukan sosialisasi hingga saat ini ke warga sekitar meski pembangunan itu masih menunggu pihak ketiga. Sejauh ini, pembangunan waduk belum dimulai, Dinas Sumber Daya Air (SDA) baru melakukan perapihan lahan, terutama puing bekas pembongkaran rumah.

"Masih menunggu pihak ketiga, baru dari SDA ratain lahan. Untuk pembebasan lahan sudah sekitar bulan Desember tahun kemarin (2021)," tuturnya.



Dia menerangkan, pembangunan waduk guna menampung debit air atau mengatur air itu tidak hanya melibatkan Dinas SDA, tapi Dinas Bina Marga dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. Dinas Bina Marga nantinya akan mengerjakan jalan yang menembus ke RS Mayapada, sedangkan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta akan membangun RPTRA.

"Selain waduk nanti ada pelebaran jalan dan RPTRA. Jadi akan melibatkan Dinas Buna Marga serta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota," katanya.

Adapun pembangunan Waduk Lebak Bulus sempat mangkrak karena persoalan pembebasan lahan. Waduk dengan luas 3 sampai 4 Hektare itu akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti jalan, tempat olah raga, dan masjid.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)