Anies Ajak Warga Jakarta Ambil Peran Perbaiki Kualitas Udara

Kamis, 30 Desember 2021 - 16:33 WIB
loading...
Anies Ajak Warga Jakarta Ambil Peran Perbaiki Kualitas Udara
Kualitas udara Jakarta buruk, Gubernur Anies ajak warga Jakarta perbaiki kualitas udara. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan sejumlah aksi strategis dalam mengatasi dampak perubahan iklim. Hal ini disampaikannya saat menghadiri sekaligus menjadi pembicara dalam Steering Committee Meeting Cities Climate Leadership Group (C-40).

Anies mengatakan, Jakarta telah menyelesaikan rencana aksi iklim secara serius melalui Peraturan Gubernur Nomor 90 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah yang Berketahanan Iklim. Baca juga: Bahayakan Kesehatan, Masyarakat Masih Banyak yang Salah Pahami Kualitas Udara

Regulasi ini menjadi dasar kuat untuk implementasi aksi iklim yang berkelanjutan.Ke depan dia telah menyusun enam agenda pembahasan yang akan menjadi bahan penentuan acara tersebut, mulai dari tantangan pandemi hingga masa depan dunia kerja.

Pembahasan dikemas dengan tema ‘Recover Together, Recover Stronger’. ”Jakarta akhirnya menyelesaikan rencana aksi iklimnya yang ambisius. Melalui penetapan regulasi sebagai dasar yang lebih kuat untuk implementasi aksi iklim sekaligus upaya untuk melaksanakan misi besar C40, untuk mendorong kota-kota di dunia menyelesaikan rencana aksi iklim mereka,” kata Anies.

Meski demikian, Anies menyatakan untuk mengatasi masalah emisi dan perubahan iklim tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Peran serta masyarakat untuk mempercepat perbaikan kondisi lingkungan juga sangat diperlukan. Baca juga: Hasil Survei, Warga Jabodetabek Masih Salah Kaprah Soal Kualitas Udara

”Kepada warga Jakarta mari ikut ambil peran dengan lebih banyak pakai transportasi publik, gunakan kendaraan kendaraan yang rendah emisi bahkan kalau bisa bebas emisi seperti sepeda. Kemudian hindari bakar sampah di tempat terbuka, pastikan kendaraan kita terawat dan telah diuji emisi,” pungkasnya.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1046 seconds (10.177#12.26)