Viral Video Diskriminasi Penyandang Disabilitas, Pengelola GBK Minta Maaf

Rabu, 29 Desember 2021 - 23:27 WIB
loading...
Viral Video Diskriminasi Penyandang Disabilitas, Pengelola GBK Minta Maaf
Pengelola GBK telah menyampaikan permohonan maaf dan melakukan evaluasi internal terkait pelarangan penyandang disabilitas masuk ke GBK. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Sebuah video tayangan petugas yang melarang pelarangan seorang penyandang disabilitas pengguna kursi roda di kawasan Gelora Bung Karno ( GBK ) viral. Pelarangan tersebut dianggap sebagai diskriminasi terhadap kaum disabilitas.

Government and Public Affair Pusat Pengelolaan Kompleks GBK T Novita Sari mengaku telah berkomunikasi kepada penyandang disablitas dalam video tersebut. Dia memastikan bahwa secara internal telah dilakukan evaluasi.

“Atas kejadian ini, kami sudah lakukan evaluasi internal dan mendisiplinkan petugas kami. Tim kami juga sudah menghubungi langsung pihak yang bersangkutan untuk memohon maaf atas kesalapahaman yang terjadi,” ujar dia di Jakarta, Rabu (29/12/2021).



Menurut dia, pada saat kejadian petugas GBK sudah meluruskan informasi dan mempersilakan yang bersangkutan untuk masuk ke dalam ring road Stadion Utama GBK. ”Hal ini menjadi atensi bagi Manajemen GBK agar kedepannya tidak terulang kembali," kata Novita.

Saat ditanya, apakah para disabilitas dengan kursi roda dilarang masuk, ia menjawab hal tersebut tidak tepat. "Pada dasarnya memang diperbolehkan ya," tambah Novi.



Pada saat diberlakukannya PPKM Level 1, manajemen GBK telah mengeluarkan kebijakan antara lain anak yang berusia 6 tahun ke atas boleh berolahraga di area ring road Stadion Utama GBK dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan akses masuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

“Kawasan GBK ini inklusif, selalu terbuka untuk publik dari kalangan manapun, kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah menjadikan Kawasan GBK sebagai tempat berolahraga, berkumpul, ataupun kegiatan lainnya. Khususnya bagi teman-teman disabilitas, di GBK telah terlaksana event-event besar seperti Sentra Vaksinasi di Istora untuk warga DKI penyandang disabilitas, Peringatan Hani Disabilitas Internasional di tahun 2019, Asian Para Games tahun," katanya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)