Riwayat Makam Tentara Nazi Jerman di Kaki Gunung Pangrango

Selasa, 28 Desember 2021 - 08:19 WIB
loading...
Riwayat Makam Tentara Nazi Jerman di Kaki Gunung Pangrango
Makam tentara Nazi Jerman di Kaki Gunung Pangrango. Foto/Istimewa/artikel.rumah123
A A A
JAKARTA - Berbagai gunung di Indonesia memang dipenuhi berbagai cerita dan mitos. Tak terkecuali di salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat Gunung Pangrango. Satu hal yang cukup terkenal dari gunung setinggi 3.019 mdpl ini adalah cerita keberadaan makam tentara Jerman di kaki Gunung Pangrango.

Sebanyak 10 makam tentara Nazi Jerman berjajar di situs keramat Arca Domas, Megamendung, Kabupaten Bogor. Lokasi ini berada di kaki Gunung Pangrango. Hingga kini, makam tersebut masih sangat terawat.

Berbagai sumber menyebut, pelaut-pelaut Jerman ini tewas saat pihak sekutu masuk ke wilayah Tanah Air di tahun 1945.

Beberapa nama prajurit yang dikebumikan di tanah Jawa Barat ini adalah Herman Tangermann, H. Haake, W. Martens, Eduard Onnen, Willi Schlummer, W. Martens, Friedrich Steinfeld, dan Willi Petschouw. Sementara itu, terdapat 2 nisan lain yang jasadnya tidak dikenali.

Mengenai penyebab kematian, diketahui mereka ada yang tewas karena penyakit, kurang gizi, dan kecelakaan (kapal selamnya terkena ranjau). Selain itu, ada juga yang memang menjadi sasaran pembunuhan warga pribumi.

Sebelum menjadi tanah makam, lokasi tersebut diketahui merupakan kebun teh dengan luas 900 hektare. Kebun itu merupakan kepunyaan 2 warga Jerman bernama Theodor Hellferich dan Emil.

Dua bersaudara ini membangun monumen di tahun 1914 untuk memperingati tentara Jerman yang dilenyapkan oleh para tentara Inggris dalam sebuah pertempuran di wilayah Asia Tenggara. Makam-makan tersebut masih terawat sampai sekarang. Berdasarkan informasi, biaya perawatan diberikan oleh pemerintah Jerman melalui kedutaan besarnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)