Dramatis! Detik-detik Evakuasi Tukang Bangunan Terjebak Runtuhan Beton di Bekasi

Sabtu, 25 Desember 2021 - 19:50 WIB
loading...
Dramatis! Detik-detik Evakuasi Tukang Bangunan Terjebak Runtuhan Beton di Bekasi
Seorang tukang bangunan terjebak dalam ambruknya sebuah rumah di Perumahan Wahana Pondok Gede, Kota Bekasi. Foto/Istimewa/Damkar Bekasi
A A A
BEKASI - Sebuah rumah ambruk di Perumahan Wahana Pondok Gede Blok Q5 di RT 12 RW 05, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, Sabtu (25/12/2021).Rumah tersebut ambruk akibat adanya semburan air yang membasahi rumah yang baru saja direnovasi.

Namun dalam peristiwa yang terjadi pukul 03.00 WIB itu nyaris menewaskan seorang tukang bangunan bernama Sulaeman (40) yang tengah tengah tertidur lelap. Sebab, korban sempat tertimpa reruntuhan selama satu jam dan dievakuasi dalam kondisi hidup.

Komandan Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi Rahmat mengatakan, kejadian itu bermula saat petugas mendapatkan laporan dari pemilik rumah yang menginformasikan adanya percikan listrik yang terjadi di dalam rumahnya.

”Setelah mendapatkan laporan, kita langsung bergegas ke lokasi,” kata Rahmat, Sabtu,(25/11/2021).

Namun saat dicek kembali oleh pemilik rumah ternyata adanya kebocoran air di lantai 2 rumah, sehingga tukang pertama mencoba memperbaiki kebocoran air itu. ”Ternyata airnya itu menyembur duluan sebelum tukang ini memperbaiki sebelum tidur,” ungkapnya.

Alhasil, air tersebut menyembur, dan membasahi tembok rumah yang sedang direnovasi membuat semen dari dinding rumah rubuh dan membuat pemilik rumah dan tukang bangunan tersebut berusaha menyelamatkan diri.

Apesnya, satu tukang bangunan lainya masih berada didalam sedang tertidur lelap dan langsung tertimpa reruntuhan rumah. Petugas yang berjumlah 12 orang langsung melakukan evakuasi korban.”Sempat terkendala, hampir satu jam korban kita berhasil evakuasi,” ujarnya.

Rahmat menjelaskan, evakuasi dilakukan menggunakan alat pemotong besi dan penghancur beton. Kondisi korban juga tidak luka berat.”Korban panik jadi kondisinya agak lemah (lemas) dan langsung diberikan oksigen oleh petugas,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)