Terapkan Prokes Ketat, Begini Aturan Ibadah Natal di Gereja Katedral Jakarta

Jum'at, 24 Desember 2021 - 09:44 WIB
loading...
Terapkan Prokes Ketat, Begini Aturan Ibadah Natal di Gereja Katedral Jakarta
Humas Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral Susyana Suwandi . Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja
A A A
JAKARTA - Paroki Gereja Katedral Jakarta telah mempersiapkan sejumlah aturan jelang perayaan Natal 2021. Salah satu yang menjadi perhatian yakni bagaimana protokol kesehatan bagi para Umat Katolik.

Humas Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral Susyana Suwandi menjelaskan, di masa pandemi Covid-19 pelaksanaan peribadatan di Gereja Katedral sama halnya Natal di masa pandemi tahun lalu, yakni tetap mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh Keuskupan Agung Jakarta dengan melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Bergaya Modern, Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal-Gereja Katedral Tuntas Dibangun

Gereja Katedral menyediakan alat pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan, hand sanitizer, mengatur jarak duduk di kursi, dan masih banyak hal yang dilakukan sebagai upaya melaksanakan protokol kesehatan secara ketat guna memutus mata rantai Covid-19.

"Tim Gugus Kendali Paroki Katedral sejak awal pandemi telah dibentuk guna mengatur dan melaksanakan serta mengawasi jalannya pelaksanaan protokol kesehatan di Gereja Katedral. Kapasitas gereja untuk ibadat Misa Natal sebanyak 650 kursi, yaitu 40 % dari kapasitas total Gereja Katedral. 350 umat berada di dalam Gereja Katedral, 210 umat berada di aula atas, dan 130 umat berada di Plaza Maria," kata Susyana kepada wartawan, Jumat (24/12/2021).

Terapkan Prokes Ketat, Begini Aturan Ibadah Natal di Gereja Katedral Jakarta


Setiap selesai ibadat, Gereja Katedral melakukan disinfeksi di dalam seluruh ruang gereja. Umat yang hadir adalah umat yang terdaftar di Paroki Katedral harus dalam keadaan sehat dan melakukan pendaftaran untuk mengikuti ibadat melalui website Belarasa yang disediakan oleh Keuskupan Agung Jakarta.



"Setelah mendapatkan QR Code pada undangan yang diperoleh setelah mendaftar di Website Belarasa, maka umat wajib membawa undangan tersebut disertai KTP serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi," tuturnya.

Pantauan di lokasi, sejak memasuki pintu gerbang terlihat Pohon Natal yang cukup besar ada sebelum pintu masuk. Memasuki ruang utama Gereja Katedral itu, terlihat panitia mengatur tempat duduk umat.

Mereka memasang tali pembatas tiap kursi. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, tali-tali itu bertujuan mengatur jarak atar umat. Sebelum memasuki gereja, disediakan pula handsanitizer dan tempat mencuci tangan.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)