7 Aksi Anies Baswedan di Forum Internasional Tahun 2021

Kamis, 23 Desember 2021 - 19:55 WIB
loading...
A A A


Pada forum diskusi malam ini bersama para pemimpin kota dunia dan para ilmuwan, kami membahas aksi menghadapi perubahan iklim dan percepatan pengurangan emisi karbon “carbon half” sebelum tahun 2030.

3. Forum Climate Heroes International
Dalam Forum Climate Heroes International yang diselenggarakan secara virtual oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) pada Kamis, 30 September 2021, Anies memberikan pemaparan tentang adanya fenomena urbanisasi besar yang akan terjadi.



Diprediksi, setidaknya sebanyak 60,4% populasi dunia akan tinggal di kota dalam 9 tahun mendatang. Menilik jauh ke tahun 2050, diperkirakan ada 68% masyarakat yang beralih ke kota. Karena itu, kota memiliki peran penting dalam peradaban manusia.

Anies juga menyinggung masalah perubahan iklim dan pandemi Covid-19 yang notabene menjadi tantangan besar bagi kota-kota di dunia. Menurut dia, komunitas internasional harus memberikan perhatian lebih kepada kota-kota.
Sementara itu, pemerintah kota diakui menjadi sekutu terpenting guna mendorong masa depan yang lebih hijau, tangguh dan berkelanjutan. Jakarta juga diakuinya akan menjalankan peran guna menanggulangi dampak perubahan iklim.

4. C40 Cities Steering Comitte
Anies Baswedan tampil di Forum Internasional C40 Cities Steering Comitte. Dalam pertemuan tahunan bersama C40 Cities tersebut, Anies yang tampil berbahasa inggris melaporkan progres konkret yang telah dilakukan Jakarta dalam hal advokasi perubahan iklim.

Saat ini kota-kota di dunia mulai mengambil langkah berani dalam mengatasi dampak perubahan iklim, termasuk Jakarta "Jakarta terus mengembangkan rencana aksi iklim yang sesuai dengan target pada 2030 dan 2050 yang telah dicanangkan dalam Perjanjian Paris (Paris Agreement). Dan berfokus dalam beberapa sektor utama, antara lain transportasi," ujar Anies.

5. Dialog Bersama Sekjen PBB
Anies Baswedan mengikuti dialog secara virtual bersama Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Gutteres dan pimpinan C40 pada Jumat (16/4/2021) malam. Dialog yang membahas dampak perubahan iklim ini diikuti Ketua C40 dan asosiasi kota besar dunia.

Dalam paparannya selama kurang lebih dua menit di hadapan Sekjen PBB dan pimpinan kota-kota besar dunia, mengatakan, PBB memiliki peran yang besar untuk membantu kota-kota di dunia. Pertama, PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota, dan itu perlu dihitung sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) dari aksi iklim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2309 seconds (0.1#10.140)