15 Orang Positif Covid-19, Ratusan Warga Tomang Lakukan Swab Test Massal

Selasa, 09 Juni 2020 - 12:59 WIB
loading...
15 Orang Positif Covid-19, Ratusan Warga Tomang Lakukan Swab Test Massal
Ratusan warga RW 14, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat melakukan rapid dan swab test massal virus Corona, Selasa (9/6/2020).Foto/SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Ogah kecolongan dengan temuan kluster Covid-19 baru, ratusan warga RW 14, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat melakukan tes massal virus Corona, Selasa (9/6/2020). Test dilakukan secara bertahap di Posko RW 14.

"Alhamdulillah hari ini rapid dan swab test yang kami ajukan dikabulkan oleh pihak Puskesmas," ungkap Ketua RW 14, Rano Widiawan ditemui di lokasi pada Selasa (9/6/2020). Rano mengatakan dalam test itu, pihaknya mengajukan 200 test Covid-19 yang terdiri dari swab dan rapid.

Hingga pukul 11.00 WIB siang tadi, Rano mencatat sudah 104 warga yang menjalani swab dan rapid test masal. Pantuan di lokasi, beberapa petugas Puskesmas memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap terlihat berada di tenda yang disediakan panitia. Sedikitnya ada lima meja yang disediakan untuk menjalankan rapid dan swab masal.

Dalam meja khusus rapid, terlihat petugas mengambil sampel darah di tangan warga. Sample darah itu kemudian dimasukan ke dalam tabung. Sebelum mengambil sample darah petugas pastikan terlebih dahulu nama dan tanggal lahir warga tersebut. (Baca: 57 Orang Terpapar Covid-19, Ratusan Warga Pondok Kelapa Ikut Rapid dan Swab Test)

Rano berharap rapid dan swab test masal itu dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayahnya."Terkait 12 warga yang positif itu sudah dirawat di RS Wisma Atlet. Lewat rapid dan swab test massal ini semoga dapat memperkecil lagi penularan virus corona," harap Rano.

Rano melanjutkan, pihaknya sudah menerapkan pencegahan penularan Covid-19 di wilyahnya. Salah satunya dengan mengkarantina wilayah dan mewajibkan warga memakai masker saat keluar rumah. Karena itu, tak heran warga secara swadaya menutup akses jalan menggunakan bangku bangku yang ditutup.

Sebelumnya, sedikitnya 15 orang warga RW 12 dan RW 14, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat diisolasi ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, lantaran positif Covid-19.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)