Anies: Perempuan Memiliki Peran Sentral di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 15 Desember 2021 - 13:23 WIB
loading...
Anies: Perempuan Memiliki Peran Sentral di Tengah Pandemi Covid-19
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Foto/Istimewa/Pemprov DKI
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-22 sekaligus Hari Ibu tahun 2021 secara virtual, Rabu (15/12/2021). Anies mengapresiasi para ibu secara umum yang telah menjadi pilar bagi masyarakat di masa yang sulit seperti masa pandemi Covid-19 ini.

Terlebih peringatan Hari Ibu di Indonesia berbeda dengan banyak negara. Sebab, di Indonesia Hari Ibu diperingati sebagai perjuangan kaum perempuan untuk ikut terlibat dalam usaha memerdekakan bangsa. Peran perempuan itu juga dirasakan Anies amat terlihat pada penanganan Covid-19 di Ibu Kota.

“Jadi bukan sekadar memperingati ibu dari anak-anak, tapi perjuangan dan peran perempuan di masyarakat. Saya di DKI ini merasakan kesempatan bagi perempuan untuk mengabdi sangat terasa apalagi di masa pandemi. Penanganan Covid-19, tim utamanya semua perempuan, mulai dari Kadis Kesehatan Ibu Wid, yang membidangi pencegahan penyakit menular Ibu Lies, mengurus surveillance Ibu Ngabila, yang mengurus Kesra saat itu juga Ibu Suharti, Asperkeu Ibu Sri, yang membuat sistem informasi data pandemi kita ke publik juga Ibu Atika, datanya disuplai Ibu Tuty,” ujar Anies dalam keterangan tertulis.

“Saya menjadi saksi betapa instrumentalnya peran perempuan di dalam penanganan pandemi Covid-19 di Jakarta yang ada di organisasi pemerintahan,” lanjutnya. Baca: Ini Alasan Kadinkes DKI Gelar Vaksinasi Anak di Sekolah

Anies juga mengapresiasi peran Dharma Wanita Persatuan yang telah menjadi penopang bagi para suami yang mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, terlebih pada masa pandemi seperti saat ini.

“Kita semua sadar pada masa pandemi tugas itu menjadi semakin terasa besarnya. Diperlukan waktu panjang dan energi yang lebih banyak, sehingga membuat waktu untuk keluarga menjadi berkurang karena berada di luar rumah untuk melaksanakan aktivitas penanganan pandemi. Para ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan telah menjadi penopang, karena suaminya dapat bekerja dengan tenang dan produktif. Ketika di rumah pun mereka merasakan ketenangan. Saya sampaikan terima kasih, berkat itulah Jakarta menjadi kota yang terbaik di dalam menangani pandemi Covid-19,” tuturnya.

Anies berpesan agar ke depan peran ibu dan perempuan dapat ditingkatkan sehingga dapat terus memberikan kontribusi bagi bangsa. “Izinkan saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para ibu yang menjadi penopang dan pesannya bagi para perempuan dan ibu adalah teruslah menjadi pilar pejuang bagi bangsa,” pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)