Resmikan Pemugaran Makam Sultan Asal Aceh, Anies: Bentuk Penghormatan bagi Pejuang

Senin, 13 Desember 2021 - 11:14 WIB
loading...
Resmikan Pemugaran Makam Sultan Asal Aceh, Anies: Bentuk Penghormatan bagi Pejuang
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pemugaran makam Sultan Alaidin Muhammad Daud Syah di TPU Utan Kayu, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Foto/MPI/Muhammad Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pemugaran makam Sultan Alaidin Muhammad Daud Syah di TPU Utan Kayu, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Pemugaran sultan asal Aceh ini sebagai bentuk penghormatan bagi pejuang yang telah mengusir penjajah kolonial Belanda saat itu.

"Sultan Alaidin Muhammad Daud Syah memilih menjadi pejuang, kita hari ini merasakan kemerdekaan menyadari benar bahwa cikal bakal kemerdekaan ini terjadi atas perjuangan ratusan ribuan tokoh-tokoh di berbagai tempat dan Aceh salah satu produsen yang amat banyak melahirkan pejuang untuk kemerdekaan. Karena itu secara khusus kami akan menyampaikan kepada masyarakat Aceh terima kasih apresiasi bahwa rakyat Aceh telah memiliki catatan sejarah gemilang dalam mengusir kolonial dan salah satu pribadi mulia yang dilahirkan di Aceh dimakamkan di tanah Jakarta," kata Anies di lokasi, Senin (13/12/2021).

"Karena itu Jakarta ingin menyampaikan rasa hormat itu dengan memberikan pemugaran atas makam yang selama ini tak banyak dikenal sebagai makam seorang tokoh amat penting dalam perjuangan mengusir penjajah," lanjutnya.

Anies menuturkan, sosok almarhum Sultan Alaidin merupakan pejuang yang rela melepaskan kenyamanannya dan memilih berjuang bersama rakyat mengusir kolonialisme.
"Perjuangan itu memiliki ongkos yang sangat mahal karena dia melepaskan semua yang menjadi kenyamanannya. Seorang yang dilahirkan di keluarga kesultanan dan memilih perjuangan bersama rakyat kebanyakan," ujarnya.

Anies memaparkan pemugaran dilakukan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota. Dia pun berharap agar masyarakat dapat menghormati dan menghargai jasa perjuangan para pahlawan.

"Pemugaran ini dilakukan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota dan ini menjadi bagian kita ingin masyarakat semua sadari bahwa di Jakarta berkumpul begitu banyak pejuang dan kita harus selalu menghormati menghargai perjuangan mereka untuk kita bisa meneruskannya," tuturnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)