Bantu Pemulihan Ekonomi, Iwapi DKI Jakarta Siap Bantu Ekspor Hasil UMKM

Rabu, 08 Desember 2021 - 21:44 WIB
loading...
Bantu Pemulihan Ekonomi, Iwapi DKI Jakarta Siap Bantu Ekspor Hasil UMKM
Ketua Umum DPD IWAPI DKI Jakarta, Endah Ansoroeddin.Foto/SINDOnews/Bima Setiyadi
A A A
JAKARTA - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia ( IWAPI ) DKI Jakarta akan terus membantu pemerintah untuk memulihkan ekonomi paska dilanda Pandemi Covid-19. Salah satunya dengan mengekspor hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) yang berada di bawah binaan IWAPI.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum DPD IWAPI DKI Jakarta, Endah Ansoroeddin dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III DPD DKI Jakarta, Kebangkitan IWAPI DKI Pasca Pandemi Melalui Pengembangan Usaha Dengan Bermitra Dan Berkolaborasi Dalam Semua Sarana Digitalisasi Untuk Meraih Pasar Dunia, di Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Endah menjelaskan, beberapa waktu lalu, pihaknya telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Roemah Indonesia di Belanda. Nantinya, hasil produk UMKM yang berada dalam IWAPI akan dikirim ke sana guna dipasarkan.

"Akhir tahun ini kita harus sudah mulai. Setelah Belanda kita ke Prancis dan Malaysia. Ini salah satu bentuk untuk memulihkan perekonomian nasional," kata Endah.

Saat ini yang aktif tergabung dalam IWAPI DKI Jakarta berjumlah 500 pelaku usaha perempuan. IWAPI Jakarta sendiri juga membuka pelatihan yang dibutuhkan untuk ekspor. Namun sebelum ekspor itu dijalankan lebih dulu dilakukan kurasi. Tergantung kebutuhan.

Untuk program 1 tahun ke depan, lanjut Endah, IWAPI DKI Jakarta tengah berkolaborasi dengan fintech, digitalisasi dan perbankan. Nantinya, mereka pelaku UKM akan diberikan pelatihan, pendampingan hingga akses permodalan.

"Sasarannya UMKM anggota IWAPI, tetapi tidak menutup kemungkinan kolaborasi dengan UMKM pelaku usaha perempuan se-Jakarta," ujarnya. Pasca-pandemi Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan, kegiatan Rakerda tersebut dihadiri lima puluh orang dari pejabat pemda DKI Jakarta, para mitra, anggota, pengurus IWAPI, para Ketua umum Dewan Pimpinan Cabang 6 Wilayah Kota Administrasi, Kabupaten Kepulauan Seribu DKI Jakarta, serta ratusan peninjau secara virtual.

Tujuan kegiatan itu, tiap daerah melakukan konsolidasi, perencanaan dan menilik ulang kegiatan setahun terakhir. Tema Rakerda yang berlaku, disesuaikan dengan rencana dan tujuan DPD masing-masing membawa kemajuan, serta kesejahteraan para anggota dalam bentuk kemajuan usaha dan sosial, selaras dengan program pemerintah daerah setempat.

"Tahun ini, DPD IWAPI DKI memilih tema untuk bangkit dari keterpurukan masa pandemi, dengan kolaborasi dan bermitra dalam pelbagai usaha, mendorong para anggota melek digital, hingga miliki kemampuan gunakan semua sarana digital untuk menembus pasar dunia," kata perempuan berhijab yang juga pemilik restoran Dapur Sunda itu.

Menurut Endah Ansoroeddin, tema tersebut dipilih karena masa dua tahun pandemi mengajarkan semua bahwa kegiatan digital dalam segala bidang usaha menjadi sangat penting di semua lini. Baik dalam bidang pemasaran promosi penjualan, logistik, distribusi, maupun konsolidasi, dan monitoring serta mempersingkat manajemen waktu.

Selain itu, rangkaian kegiatan program DPD IWAPI Jakarta melakukan pelatihan, pendidikan dalam berbagai bentuk pendanaan, seperti dengan Bank DKI, Koperasi Mega Buana, dan FinTech Gandeng Tangan. Selama ini pendanaan UMKM yang menempati proporsi 80% keanggotaan merupakan pekerjaan rumah setiap DPD.

Untuk itu, DPD IWAPI DKI juga telah melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan mitra perbankan, koperasi dan perusahaan swasta. Sedangkan pelatihan digital bekerjasama dengan perusahaan IT dan ISP Andalworks. Pelatihan manajemen dan pemasaran dilakukan dengan mitra Coach Fahran, dan membuka pasar ekspor dengan Eropa bersama pemda DKI.

"Langkah ini, diharapkan dapat mensejahterakan anggota, memberdayakan perempuan agar dapat memutarkan roda perekonomian Indonesia," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)