Usung Teknologi Mutakhir, 35 Bus Sekolah di Jakarta Dilengkapi WiFi dan Ramah Disabilitas

Selasa, 07 Desember 2021 - 12:28 WIB
loading...
Usung Teknologi Mutakhir, 35 Bus Sekolah di Jakarta Dilengkapi WiFi dan Ramah Disabilitas
Unit Pengelola Angkutan Sekolah (Upas) Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengganti puluhan bus sekolah yang sudah uzur dengan unit baru. Foto: SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Unit Pengelola Angkutan Sekolah (Upas) Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengganti puluhan bus sekolah yang sudah uzur dengan unit baru. Peremajaan itu dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal bagi siswa didik, terutama penyandang disabilitas.

Kepala Upas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Ali Murthado mengatakan, pihaknya mengganti armada lama dengan 35 unit armada baru. "Diganti dengan teknologi modern, agar aman, nyaman, dan tentunya ramah untuk penyandang disabilitas," kata Ali, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: PPKM Level 1, Bus Sekolah Sudah Beroperasi Dukung Pembelajaran Tatap Muka

Teknologi yang digunakan antara lain pintu bus otomatis dengan sistem peunematic, serta AC plasma cluster yang lebih baik dalam membersihkan udara.

Selanjutnya, dari segi keamanan 35 armada baru itu dilengkapi dengan empat kamera yang berfungsi melihat situasi baik luar maupun dalam bus, detektor suhu dan, hand sanitizer matic.

"Ada WiFi juga. Lalu akses pintu bisa untuk digunakan pengguna kursi roda. Kemudian bagian dalam bus juga terdapat guiding block bagi tunanetra. Sebanyak 35 unit ini nanti akan datang secara bertahap," ujarnya.



Baca juga: Anies Luncurkan DINA Fasilitas Digital Bagi Penyandang Disabilitas di Stasiun MRT

Saat ini jumlah armada baru yang sudah beroperasi baru ada 10, sisanya digunakan bertahap. Tentunya dengan armada baru yang mengusung teknologi mutakhir diharapkan dapat meningkatkan layanan antar jemput siswa di Jakarta.

"Tentu ini akan menjadi trigger (acuan) bagi Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan peremajaan bus-bus yang memang sudah habis masa operasionalnya," tuturnya.
(thm)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2027 seconds (11.97#12.26)