Tekan Kasus Kecelakaan, Dishub DKI Minta Transjakarta Pasang Teknologi Pengawas Sopir

Selasa, 07 Desember 2021 - 05:38 WIB
loading...
Tekan Kasus Kecelakaan, Dishub DKI Minta Transjakarta Pasang Teknologi Pengawas Sopir
Bus Transjakarta terlibat kecelakaan beruntun di Cawang, Jakarta Timur. Foto: Ilustrasi/TMCPoldaMetro
A A A
JAKARTA - Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Bus Transjakarta terus berulang. Sampai Oktober 2021, jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 275 kasus.

Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penyebab kecelakaan mulai dari kelelahan dan kelalaian pun masih kerap ditemukan.Maka itu, kata dia, ke depan pihaknya akan memakai teknologi pemantau tingkat kelelahan dan rasa kantuk pada Pramudi Bus Transjakarta.

"Tentu terkait dengan hal ini kita akan gunakan teknologi ya. Sekarang sudah ada berbagai teknologi yang nantinya bisa dimanfaatkan. Sehingganantinya itu petugas kita bisa mengawasi mana pengemudi yang kelihatan capek, terlihat konsentrasinya berkurang. Dari sini bisa diberikan peringatan ke mereka," kata Syafrin di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Sebelumnya, kata Syafrin, teknologi itu sudah ada sejak dua tahun lalu. Namun, urung digunakan.

Ke depannya, ia akan mendorong PT Transjakarta menyiapkan alat tersebut. Harapannya agar angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan.



"Tentu ini yang akan kami dorong untuk segera diimplementasikan oleh rekan-rekan Transjakarta. Kita pahami bahwa prinsip adalah manajemen operator bus, sehingga mereka harus melakukan kontrol penuh terhadap capaian standar pelayanan minimun yang sudah ditetapkan Pak Gubernur. Pak Gubernur telah menetapkan Pergub 13 tahun 2019, dan ini yang harus dicapai," tuturnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)