Pemprov DKI Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Senin, 06 Desember 2021 - 13:03 WIB
loading...
Pemprov DKI Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Erupsi Gunung Semeru
Pemprov DKI Jakarta mengirimkan bantuan berupa logistik dan sumber daya manusia untuk membantu warga korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Foto/Istimewa/Pemprov DKI
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengirimkan bantuan berupa logistik dan sumber daya manusia untuk membantu warga korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Bantuan logistik yang dikirimkan berupa kasur, tempat tidur velbed, perlengkapan rumah tangga, dan kipas angin sesuai dengan kebutuhan warga di lokasi bencana.

“Begitu ada musibah erupsi Gunung Semeru, kita kontak dengan BPBD Kabupaten Lumajang, dan koordinasi dengan baik menanyakan kondisi lapangan, serta kebutuhan apa yang diperlukan untuk bisa membantu warga di sana. Ada sebanyak delapan truk yang memuat kebutuhan yang akan kita serahkan kepada Kabupaten Lumajang,” ungkap Kepala BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto dalam keterangan tertulis, Senin (6/12/2021).

Selain bantuan logistik, lanjut Sabdo, sebanyak 60 orang anggota perwakilan OPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Satpol PP, Tagana Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) diterjunkan ke lokasi.

Sabdo menuturkan, pengiriman bantuan ini sebagai wujud kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan daerah lain di Indonesia dalam misi kemanusiaan, khususnya Kabupaten Lumajang yang saat ini sedang terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Kita tidak melihat bantuan apa yang diberikan, tapi yang kita berikan sebagai wujud rasa kepedulian dan kebersamaan dalam bentuk kolaborasi dari Pemprov DKI Jakarta untuk Lumajang. Ini bentuk kesetiakawanan, kebersamaan, kerja sama yang betul-betul kita wujdukan dengan nyata,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin menuturkan, kolaborasi dalam bentuk misi kemanusiaan ini diharapkan dapat meringankan beban warga yang menjadi korban dan terdampak erupsi Gunung Semeru. Dia menyampaikan, kepada tim untuk melayani warga penyintas erupsi Gunung Semeru dengan sepenuh hati, sehingga dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi para korban berkat kehadiran tim dari Pemprov DKI Jakarta.

Khusus kepada personel Satpol PP, Arifin meminta supaya fungsi perlindungan masyarakat juga bisa diimplementasikan dengan baik di sana. “Kalian harus berbangga hati (karena) berkesempatan untuk bisa memberikan tenaganya menjalankan tugas-tugas beberapa hari ke depan di lokasi bencana. Tunjukkan kalian dekat dengan korban, layani mereka, sentuh hatinya agar mereka yang sedang bersedih menjadi gembira dengan kehadiran kita. Ini menjadi catatan amal ibadah dan pahala buat kita semua,” tuturnya.

Arifin meminta tim agar menjaga kekompakan dan keselamatan selama melayani warga di Kabupaten Lumajang. Selain itu, Arifin mengingatkan tim untuk menjaga nama baik DKI Jakarta selama bertugas di lokasi bencana.

“Misi kita membawa barang-barang logistik dan sebagainya sampai ke lokasi, silakan menyesuaikan kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di sana. Tetap jaga keselamatan dan kekompakan Anda semua. Tidak ada kegiatan yang mandiri, ini misi kemanusiaan membantu saudara yang terkena musibah. Jadi semua kegiatan terkoordinir dan terawasi dengan baik,” pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)