Elektabilitas Prabowo Tertinggi di Survei Terbaru, Disusul Anies dan Ganjar

Selasa, 30 November 2021 - 18:49 WIB
loading...
Elektabilitas Prabowo Tertinggi di Survei Terbaru, Disusul Anies dan Ganjar
Lanskap mengeluarkan hasil temuannya di mana Prabowo Subianto menduduki peringkat teratas capres yang akan dipilih responden. Posisi kedua dan ketiga ditempati masing-masing oleh Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) mengeluarkan hasil temuannya terkait opini publik tentang elektabilitas dan simulasi calon presiden (Capres) 2024 mendatang. Dalam survei ini, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menduduki peringkat teratas capres yang akan dipilih responden.

"Sebagian besar publik masih menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo sebagai Calon Presiden 2024. Ada sebesar 23,0% publik yang memilihnya," ujar Direktur Eksekutif Lanskap Mochammad Thoha dalam keterangannya, Selasa (30/11/2021).

Thoha menduga tingginya elektabilitas Prabowo lantaran telah berkompetisi tiga kali dalam kepemimpinan nasional. Bisa saja, kata dia, hal itu menunjukkan masih besarnya harapan publik kepada Prabowo untuk dapat mewujudkan visi misi ekonomi politiknya yang tertunda tentang mewujudkan negara dan bangsa Indonesia yang demokratis, bersatu, kuat, maju, dan makmur.

Dia melanjutkan untuk posisi kedua dan ketiga ditempati masing-masing oleh Anies Baswedan dengan perolehan 14,1% dan Ganjar Pranowo dengan 13,6% pilihan. Dia menduga pilihan publik yang dijatuhkan ke Anies mungkin saja disebabkan karena sosok Gubernur DKI itu yang juga pluralis dan religius.

"Sementara Ganjar mungkin lebih dikenal sebagai sosok yang populer karena sering turun ke bawah terutama di Provinsi Jawa tengah tempatnya menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah," jelasnya.

Untuk diketahui, Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) melaksanakan survei lapangan pada periode 11-25 November 2021 dengan teknik pencuplikan sampel menggunakan multistage random sampling yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Sampel yang diambil adalah penduduk yang berusia min 17 tahun ke atas dan atau yang sudah pernah menikah sebesar 1.420 responden dengan Margin of Error ± 2,6% dan tingkat kepercayaan 95%. Pengumpulan data tersebut dilakukan melalui wawancara langsung.

Berikut elektabilitas tokoh yang terpotret dalam survei Lanskap untuk menjadi Capres di 2024 mendatang:
1. Prabowo Subianto: 23,0%
2. Anies Baswedan: 14,1%
3. Ganjar Pranowo: 13,6%
4. Sandiaga Uno: 6,6%
5. Agus Harimurti Yudhoyono: 5,1%
6. Ridwan Kamil: 4,8%
7. Puan Maharani: 2,7%
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)