Peradi Jakbar Diminta Jaga Marwah Organisasi

Minggu, 28 November 2021 - 20:54 WIB
loading...
Peradi Jakbar Diminta Jaga Marwah Organisasi
Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan melantik Asido Hutabarat sebagai ketua DPC Peradi Jakarta Barat masa bakti 2021-2026 beserta jajarannya di Jakarta. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Ketua DPC Peradi Jakarta Barat Suhendra Asido Hutabarat meminta jajarannya menjaga dan menguatkan soliditas, akuntabilitas, dan harmonisasi pengurus guna mewujudkan peran organisasi . Hal demikian disampaikan Asido setelah dilantik sebagai ketua DPC ‎Peradi Jakarta Barat masa bakti 2021-2026 beserta jajarannya oleh Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan di Jakarta.

"Apabila terjadi penguatan dalam kepengurusan DPC Peradi Jakbar ‎maka amanah yang dipercayakan kepada saya dan visi-misi yang telah disampaikan akan dapat menjadi kenyataan,” ujar Asido dalam keterangannya, Minggu (28/11/2021).
Baca juga: Peradi Jakarta Barat Gelar Pendidikan Advokat yang Diikuti 147 Peserta

Menurut dia, ‎tema pelantikan ini adalah menguatkan soliditas, akuntabilitas, dan harmonisasi pengurus untuk memajukan dan memberikan manfaat kepada anggotanya. Jika itu terwujud, maka dapat mendukung misi dari Peradi 2020-2025 yang telah dicanangkan DPN Peradi yaitu meningkatkan kualitas advokat Indonesia, melakukan penguatan organisasi profesi, meningkatkan marwah advokat, serta mewujudkan single bar.

Meskipun pengurus DPC Peradi Jakbar belum dilantik karena terkendala pandemi Covid-19, namun pihaknya telah melakukan puluhan kegiatan di antaranya webinar nasional hingga internasional untuk meningkatkan kualitas advokat, menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), hingga kegiatan sosial dan olahraga.

“DPC Peradi Jakarta Barat mendukung misi Peradi sebagai organisasi advokat yang lahir dari ‎Undang-Undang Advokat agar terwujud profesi advokat yang berkualitas, mulia, dan terhormat (officium nobile) dalam wadah tunggal atau single bar,” katanya.

Asido yang juga Ketua PBH Peradi Pusat meminta Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Jakbar periode 2021-2024 yang juga turut dilantik agar gencar memberikan bantuan hukum gratis (Pro bono) dan meningkatkan pelayanan access to justice bagi masyarakat tidak mampu. “Semangatkan dan gelorakan pemberian bantuan hukum cuma-cuma. Ini yang saya harapkan dari teman-teman. Semangat pro bono!” pekik Asido.
Baca juga: Otto Hasibuan: Peradi Kami yang Sah

Ketua Panitia Pelantikan Pengurus DPC Peradi Jakarta Barat Agus Susanto mengatakan, ‎soliditas dalam kepengurusan DPC Peradi Jakbar sangat dibutuhkan untuk menjalankan roda organisasi. “Dengan tema di atas panitia berharap agar pengurus DPC Peradi Jakarta Barat bersama-sama mewujudkan peran organisasi advokat,” ujarnya.

Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan menyampaikan DPC Peradi‎ Jakbar sangat luar biasa antara lain sudah melakukan berbagai gebrakan meskipun belum dilantik karena terkendala pandemi. "Saya berharap mereka menjunjung sportivitas dan juga independensi organisasi advokat,” ucapnya.

Otto juga menyampaikan kondisi terkini setelah Mahkamah Agung (MA) menyatakan Peradi sebagai pihak yang sah. Pihaknya masih membahas nasib para advokat di luar Peradi. “Kita berharap adanya putusan MA ini pengurus dapat lebih percaya diri untuk melaksanakan tugas-tugas profesi dengan baik dan organisasi advokat kembali menuju single bar tentunya sudah ada jalan,” ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)