Pengguna Transportasi Umum di Inggris Kembali Diwajibkan Kenakan Masker

Minggu, 28 November 2021 - 09:00 WIB
loading...
Pengguna Transportasi Umum di Inggris Kembali Diwajibkan Kenakan Masker
Penumpang angkutan umum di Inggris. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Munculnya varian baru Covid-19 yang diberi nama Omicron membuat sejumlah negara kembali menerapkan langkah-langkah ketat protokol kesehatan. Jika sejumlah negara Eropa belakangan ini sudah mulai melonggarkan kewajiban pemakaian masker, kini aturan itu kembali diterapkan.

Salah satu yang kembali menerapkan aturan itu adalah Inggris. “Aturan tentang penutup wajah di toko-toko dan transportasi umum akan diperketat,” kata Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, seperti dikutip dari metro.co.uk, Sabtu (27/11/2021).


.
Johnson membuat pengumuman pada konferensi No 10, setelah kedatangan strain Omicron Covid baru di Inggris. Awalnya tidak jelas bagaimana aturan akan 'diperketat' seperti yang dikatakan Johnson.

Ketika ditanya kejelasan oleh Nick Martin dari Sky, Johnson berkata: "Apa yang kami lihat adalah ritel dan transportasi - hanya kembali ke posisi di mana Anda harus memakainya dalam pengaturan ritel atau di transportasi umum.

“Tetapi Menteri Kesehatan – Saj (Sajid Javid) akan menerapkan lebih banyak dalam beberapa hari ke depan,” kata Johnson. Pembaruan di profil Twitter Perdana Menteri mengatakan: 'Penutup wajah akan menjadi wajib di transportasi umum dan di toko-toko. Tidak termasuk keramaian.’



Johnson juga mengumumkan bahwa siapa pun yang tiba di Inggris harus mengikuti tes PCR pada hari kedua kepulangan mereka dan mengisolasi diri sampai mereka mendapatkan hasil negatif.

Strain Omicron baru telah dijuluki 'yang terburuk', karena membawa mutasi yang diyakini para ilmuwan membuatnya lebih mudah menular dan resisten terhadap antibodi. Dalam upaya untuk 'membeli waktu' sebelum ketegangan mencapai pantai Inggris, Pemerintah menambahkan enam negara Afrika ke daftar merah perjalanan Inggris.



Aturan ini akan mengharuskan kedatangan dari negara-negara tersebut untuk dikarantina di hotel yang ditunjuk khusus. Sebelumnya hari ini diumumkan bahwa empat negara lagi – Malawi, Mozambik, Zambia dan Angola – akan ditambahkan ke dalam daftar.

"Seperti biasa kita harus menekankan dengan varian baru, ada banyak hal yang tidak dapat kita ketahui pada tahap awal ini. Tetapi para ilmuwan kami belajar lebih banyak dari jam ke jam dan tampaknya Omicron menyebar sangat cepat dan dapat menyebar di antara orang-orang yang divaksinasi ganda,” ungkap Johnson.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)