Bos Pinjol Ilegal WNA China, Begini Cara Komunikasi 2 Desk Collector via Aplikasi Khusus

Jum'at, 12 November 2021 - 19:21 WIB
loading...
Bos Pinjol Ilegal WNA China, Begini Cara Komunikasi 2 Desk Collector via Aplikasi Khusus
Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Bismo Teguh menggelar rilis kasus pinjol ilegal di Mapolres Jakarta Barat, Jumat (12/11/2021). Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Bos pinjaman online (pinjol) ilegal WNA China tidak mempersulit komunikasi dua desk collector yakni RA (21) dan AH (27). Ternyata ada aplikasi khusus yang mereka gunakan agar bisa berinteraksi dengan lancar.

“Jadi mereka menggunakan aplikasi khusus untuk berkomunikasi dengan pimpinan perusahaan pinjol,” kata Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Bismo Teguh di Mapolres Jakarta Barat, Jumat (12/11/2021).
Baca juga: Bareskrim Tangkap Pelaku Pinjol yang Picu Seorang Ibu Bunuh Diri

Dua desk collector itu ditangkap Unit Krimsus Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat awal November 2021. Dari tangan keduanya, polisi menyita laptop dan ponsel yang digunakan komunikasi keduanya dengan bos pinjol ilegal WNA China.

Dalam aplikasi itu terungkap video call, chatting hingga daftar pinjaman terkumpul. Melalui aplikasi itu, keduanya berkomunikasi secara translate dengan bos pinjol warga China. Aplikasi dapat membaca bahasa Indonesia-Mandarin begitu sebaliknya.

“Uniknya mereka harus laporan per 3 jam. Begitu tak ada laporan pimpinan perusahaan langsung meng-kick-nya dari grup dan kemudian dimasukin lagi link website,” kata Bismo.
Baca juga: OJK Kembali Ingatkan Masyarakat Jangan Pakai Jasa Pinjol Ilegal

Diketahui, banyak warga melaporkan ancaman kekerasan yang dilakukan pinjol ilegal saat menagih tunggakan pinjaman. Ancaman foto hingga dipermalukan kerap kali diterima setiap harinya oleh korban.

Dalam menagih para nasabahnya, desk collector tak sungkan menyebarkan identitas para korbannya yang sejauh ini mencapai 10 orang, satu di antaranya sudah melapor ke polisi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)