Salat Jumat di Masjid Cut Meutia Membeludak sampai Trotoar

Jum'at, 05 Juni 2020 - 13:31 WIB
loading...
Salat Jumat di Masjid Cut Meutia Membeludak sampai Trotoar
Salat Jumat di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/6/2020) membeludak hingga ke trotoar. Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Hari pertama penerapan PSBB Transisi Fase I, rumah ibadah di Jakarta diperbolehkan buka kembali. Salah satu tempat ibadah yang sudah beroperasi yakni Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat.

Masjid yang bangunannya sudah ada sejak zaman Belanda itu menggelar salat Jumat. Jamaah salat Jumat membeludak hingga ke trotoar. (Baca juga: Ratusan Masjid di Tangsel Kembali Gelar Salat Jumat, Tak Ada Dua Gelombang)

Di dalam area masjid pengelola menerapkan aturan physical distancing atau jaga jarak antarjamaah. Jarak yang digunakan antarjamaah yaitu satu meter kanan satu meter kiri. Mereka diharuskan menggunakan masker dan membawa sajadah sendiri. (Lihat grafis: PSBB di Jakarta Diperpanjang, Juni Masa Transisi)

Jamaah salat Jumat bernama Wicaksono mengaku senang dengan adanya kegiatan salat Jumat. "Alhamdulillah perdana salat Jumat di Jakarta nih. Sebelumnya kan kita diimbau untuk salat Dzuhur di rumah saja," ujarnya, Jumat (5/6/2020).

Dia mengikuti aturan dari pengelola masjid dengan membawa sajadah dan menggunakan masker. "Gak apa-apalah supaya menjaga agar tidak nyampur dengan lainnya," ucapnya. (Baca juga: Hari Pertama PSBB Transisi, Arus Lalu Lintas di Jakpus Ramai Lancar)

Mukhlis, jamaah yang salat di trotoar mengaku sulit mencari masjid yang mengadakan salat Jumat. "Ya saya muter-muter tadi dari arah Gambir masih ada yang belum menggelar salat Jumat, ke sini (Masjid Cut Meutia) eh sudah membeludak begini," ujarnya.

Seusai Jumatan, para jamaah diminta segera meninggalkan masjid dengan tertib agar tidak terjadi kerumunan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)