Tanggul Kali Baru Jebol, Permukiman Warga di Kramat Jati Terendam Banjir

Senin, 08 November 2021 - 16:50 WIB
loading...
Tanggul Kali Baru Jebol, Permukiman Warga di Kramat Jati Terendam Banjir
Tanggul Kali Baru di kawasan Hek, RW 01, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, jebol diterjang derasnya air saat hujan melanda kawasan tersebut, Senin (8/11/2021) dini hari. Foto: MNC Portal/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Tanggul Kali Baru di kawasan HEK, RW 01, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, jebol diterjang derasnya air saat hujan melanda kawasan tersebut, Senin (8/11/2021) dini hari. Jebolnya tanggul Kali Baru terjadi sekitar pukul 03.00 WIB.

Demikian disampaikan Ketua RT 10/01 Nemih. Dia mengatakan, tanggul tersebut tak mampu menahan derasnya debit air.

"Tanggul memang sudah lama retak-retak, waktu kemarin diguyur hujan sampai siaga dua akhirnya jebol enggak kuat nahan air," katanya di Jakarta Timur, Senin (8/11/2021).

Menurut dia, akibat jebolnya tanggul sejumlah rumah warga di empat RT yakni RT 01, RT 03, RT 04, dan RT 10, RW 01 terendam banjir dengan ketinggian mencapai 50 cm.

Tak hanya melanda permukiman warga, akibat jebolnya tanggul. Jalan Raya Bogor yang berada di sampingnya pun ikut terendam banjir dengan ketinggian 30 cm.



"Ketinggian air paling parah ada di RT 01 mencapai setengah meter. Lokasi tanggul itu ada di empat RT," ucapnya.

Dia menuturkan, saat ini banjir berangsur surut setelah petugas melakukan penyedotan menggunakan pompa portabel. Untuk mengantisipasi banjir susulan pihaknya meminta petugas PPSU untuk memasang tanggul sementara berisikan lumpur yang dimasukkan ke dalam karung.

"Saya sudah minta untuk dipasang tanggul sementara dari pasir. Kalau tidak langsung segera dibenahi karena cuaca saat ini juga selalu hujan," tuturnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)