Anies: Jakarta Simpul Pertemuan Semua Unsur Bangsa Indonesia

Minggu, 07 November 2021 - 12:22 WIB
loading...
Anies: Jakarta Simpul Pertemuan Semua Unsur Bangsa Indonesia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi Gereja Kristen Indonesia (GKI) Puri Indah, Taman Permata Buana, Jakarta Barat, Sabtu (6/11/2021). Gereja ini baru saja diresmikan. Foto: IG @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi Gereja Kristen Indonesia (GKI) Puri Indah, Taman Permata Buana, Jakarta Barat, Sabtu (6/11/2021). Gereja ini baru saja diresmikan.

Kunjungan Anies dibagikan melalui akun Instagramnya @aniesbaswedan, Minggu (7/11/2021). “Ada ratusan hingga ribuan orang yang bekerja dalam pembangunan gereja ini. Kita berada di GKI Puri Indah membawa sebuah pesan pada semua bahwa akan hadir penyebar kedamaian dan keteduhan untuk Jakarta dan Indonesia. Jakarta merupakan simpul pertemuan semua unsur yang ada pada bangsa ini,” tulis Anies.
Baca juga: Dilantik Anies, Pordasi DKI Minta Keseriusan Pemprov dan Koni Kembangkan Olahraga Berkuda

Dia menuturkan, bangsa Indonesia bukan percampuran dari berbagai unsur melainkan sebuah persenyawaan. Artinya, semua unsur yang ada berinteraksi menuju unsur baru dan persatuan yang disepakati Indonesia bukan persatuan asal usul, tapi persatuan tujuan.

Mengapa kita bersatu? Karena, kita ingin meraih kemerdekaan sejati yang ditandai hadirnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang membuat kita merasakan kesetaraan di dalamnya.

Menurut Anies, kebhinekaan adalah anugerah Tuhan, sedangkan menunggal adalah ikhtiar kita dan yang terjadi di tempat ini menunjukkan persatuan Indonesia, di mana kita rasakan kesetaraan, kebersamaan dan ini perlu didorong terus bahwa kita semua memiliki keinginan untuk menjaga. “Rasa persatuan harus dirawat dengan memberikan keadilan, kesetaraan, kesamaan dalam kesempatan dan itu adalah komitmen Pemprov DKI Jakarta,” ungkapnya.
Baca juga: Sambangi Komunitas Masyarakat India, Anies Potong Kue dan Ucapkan Happy Diwali

GKI Puri Indah juga menerapkan konsep bangunan ramah lingkungan sekaligus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar seperti penyediaan kolam retensi. Sebagai sebuah gereja yang diresmikan tahun 2021, GKI Puri Indah memiliki perspektif panjang sehingga dapat membuat anak-cucu kita bersyukur bahwa generasi sebelum kami telah memikirkan konsep bangunan masa depan yang ramah lingkungan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)