Jalan Ambles di Soleh Iskandar Bogor Ditutup untuk Mobil Mulai Besok

Senin, 01 November 2021 - 12:48 WIB
loading...
Jalan Ambles di Soleh Iskandar Bogor Ditutup untuk Mobil Mulai Besok
Jalan ambles yang berada di Jalan Soleh Iskandar, tepatnya di underpass Tol BORR, Tanah Sareal, Kota Bogor, akan ditutup untuk kendaraan roda empat atau lebih. Foto: MNC Portal/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Jalan ambles yang berada di Jalan Soleh Iskandar, tepatnya di underpass Tol BORR, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, akan ditutup untuk kendaraan roda empat atau lebih. Penutupan jalan akses Cilebut dan Kebon Pedes itu dimulai pada Selasa 2 November 2021.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, penurunan jalan di lokasi sangat cepat. Sementara untuk perbaikan baru bisa dilakukan pada awal tahun 2022.

"Harus ada tindakan cepat. Sudah direncanakan untuk pengerjaan tapi harus proses lelang. Lelang akan segera dimulai nanti awal tahun depan, target mulai dikerjakan. Semuanya dari Kementerian PUPR," ujar Bima di lokasi, Senin (1/11/2021).



Untuk penanganan sementara akan dilakukan penutupan jalan oleh Satlantas Polresta Bogor Kota bagi kendaraan roda empat atau lebih. Sedangkan roda dua masih diperbolehkan melintas.

"Mulai besok Insya Allah kepolisian akan menutup jalan ini, tidak boleh dilewati roda empat tapi motor boleh di pinggirnya saja. Jadi mobil tidak boleh (melintas) karena mengantisipasi terjadinya longsor, apalagi sekarang intensitas curah hujan sedang sangat tinggi jadi kita perlu antisiapsi," ungkap Bima.

Jalan Ambles di Soleh Iskandar Bogor Ditutup untuk Mobil Mulai Besok


Bima menyebut amblesnya ruas jalan nasional itu bisa disebabkan beberapa faktor. Bisa dari usia atau faktor cuaca yang mempengaruhi jalan. "Jalan ini kan sudah lama, dibangun tahun 2005, sudah 15 tahun lebih. Mungkin juga faktor cuaca dan lain-lain," bebernya.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Bogor Kota AKP Galih Apria mengatakan, ruas jalan yang ambles ini termasuk sangat padat dilalui kendaraan. Oleh karena itu, ruas jalan itu hanya boleh dilintasi kendaraan roda dua.



"Jalan ini termasuk jalan nasional yang volume kendaraan cukup besar. Saya dapat info pengerjaan ini akan dimulai Januari. Jadi sementara yang bisa melewati jalan ini hanya roda dua," ucap Galih.

Penutupan akan dimulai besok hingga pengerjaan perbaikan jalan mulai dilakukan. Setelahnya, akan ada penutupan jalan secara total sampai perbaikan selesai dengan estimsi 6 bulan.

"Nanti begitu bulan Januari dimulai akan ditutup total. Masyarakat ke arah Cilebut nanti kita buatkan u turn baru, sehingga memutar. Belokan di perlintasan kereta ini akan diluruskan sehingga nanti jalan tersebut yang masuk ke Cilebut dan yang satu lagi mengarah ke Utara. Memang pasti ada penumpukan tapi personel kita akan ditempatkan di situ untuk pengaturan," tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)