Budidayakan Anggur Ukraina dan Amerika, Kampung Munjul Bakal Jadi Destinasi Agrowisata

Minggu, 24 Oktober 2021 - 12:57 WIB
Budidayakan Anggur Ukraina dan Amerika, Kampung Munjul Bakal Jadi Destinasi Agrowisata
Gang Obor Patma, RT 04/06, di Jalan Malaka, Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, bakal dijadikan destinasi kampung agrowisata. Foto: SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Gang Obor Patma, RT 04/06, di Jalan Malaka, Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, bakal dijadikan destinasi kampung agrowisata . Pasalnya, warga sekitar berhasil mem budidayakan anggur varietas asal Ukraina.

Sekretaris Kota Jakarta Timur Fredy Setiawan mengatakan, atas pertimbangan tersebut, pihaknya mengusulkan untuk menjadikan RW 06 Kelurahan Munjul sebagai kampung agrowisata. Kebun anggur yang mulai dikerjakan pada bulan September 2020 kini telah berbuah dan dapat mengangkat taraf ekonomi warga RW 06 Kelurahan Munjul.

"Jadi masyarakat bisa datang ke sini belajar di sini menanam anggur dan lihat hasilnya di sini," ujarnya saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Minggu (24/10/2021). Baca juga: Geluti Budidaya Anggur Selama Pandemi, Pria Ini Raup Untung hingga Rp20 Juta Sebulan

Hasil kerja keras warga sekitar dalam membudidayakan anggur varietas asal Ukraina perlu mendapat apresiasi tinggi. Oleh karena itu, pihaknya bakal menyediakan pendampingan serta membuka akses pasar bagi para petani anggur di kampung RW 06 Kelurahan Munjul.

"Olahan anggur bisa jadi dalam bentuk sirup, kita yang bahkan sampai ke BPOM dan akan kita dampingi dan fasilitasi sehingga masyarakat cukup yang membuat produk kita yang ke sana, jadi tidak perlu dibayar dalam kepengurusan dan lain-lain," ungkapnya.

Ketua RW 06 Iwan mengatakan terdapat lima jenis anggur asal Ukraina yang ditanam antara lain Angelica, Minel, Julian, Carol, dan Baikonur. Tak hanya itu, anggur dari Amerika seperti Banana, Jupiter, dan Taldun juga ditanam di permukiman warga.



"Kami mulai dari September 2020, kerja sama dengan KAJ. Semua RT di kawasan RW 6 kita tanam," tuturnya. Baca juga: Arkeolog Temukan Pabrik Anggur Kuno Berusia 1.500 Tahun di Israel
(mhd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1414 seconds (10.55#12.26)