Kemenhub Sebut Mobil Terbang Solusi Atasi Kemacetan di Jabodetabek

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 02:25 WIB
loading...
Kemenhub Sebut Mobil Terbang Solusi Atasi Kemacetan di Jabodetabek
Kemenhub menyebut mobil terbang solusi konkret atasi kemacetan di Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mobilitas masyarakat kian tak terbendung. Dampak dari mobilitas itu menimbulkan kemacetan yang kian tumbuh di wilayah perkotaan khususnya Jabodetabek.

Berbagai formula terus dicari guna membereskan persoalan kemacetan. Salah satunya datang dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menyambut baik pengembangan teknologi mobil terbang sebagai jawaban konkret dalam mengatasi kemacetan di Jabodetabek.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan, penggunaan teknologi mobil terbang harus lebih dulu digodok secara matang sebelum dapat digunakan. Aspek keselamatan dan keamanan harus selalu menjadi faktor utama dalam setiap lini transportasi.
"Kemenhub menyambut baik pengembangan teknologi ini demi menciptakan kota masa depan yang lebih baik. Namun, perumusan peraturan maupun kebijakan untuk mobil terbang harus dilakukan secara komprehensif dan sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru di sektor transportasi tersebut," ujarnya dalam webinar "Masa Depan Mobilitas Udara Perkotaan Jabodetabek", Kamis (21/10/2021).

Menurutnya, ke depan penggunaan mobil terbang dapat sangat membantu mobilitas masyarakat dari segi ekonomi baik dari sektor jasa, barang maupun individu. Oleh karena itu, Jabodetabek harus mulai mempertimbangkan moda transportasi berbasis udara dalam mengatasi kemacetan. "Jabodetabek diprediksi jadi kota metropolitan terbesar kedua di dunia setelah Tokyo, Jepang. Kawasan ini memiliki fungsi ekonomi yang semakin besar dan akan berdampak pada kebutuhan mobilitas yang tinggi," ucapnya.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana B Pramesti mengungkapkan, salah satu transportasi udara yang sedang gencar dikembangkan adalah electric vertical take off and landing (eVTOL) aircraft atau akrab disebut taksi terbang atau mobil terbang. "Ini menjadi solusi untuk masalah transportasi yang jamak dihadapi kota besar," ungkap Polana.

Dia menuturkan, dalam waktu dekat rencananya ada taksi terbang yang akan diujicobakan di Bali. Pemilihan Bali sebagai tempat uji coba lantaran sudah dikenal sebagai destinasi wisata kelas dunia. Oleh karena itu, lanjut dia, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat Jakarta tertarik mengadopsi teknologi urban air mobility itu untuk menjadi alternatif transportasi di tengah padatnya lalu lintas Ibu Kota. "Uji coba dan pengoperasian kendaraan yang diklaim lebih ramah lingkungan ini merupakan cikal bakal pengembangan urban air mobility di Indonesia," tuturnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)