Nur Sajat Transgender yang Mejeng di Depan Kakbah Pernah Dilecehkan Petugas Agama Malaysia

Kamis, 21 Oktober 2021 - 15:58 WIB
loading...
Nur Sajat Transgender yang Mejeng di Depan Kakbah Pernah Dilecehkan Petugas Agama Malaysia
Nur Sajat, pria transgender yang diburu Malaysia karena berpose di depan Kakbah dengan mukena, kini berada di Australia. Foto/The Star
A A A
KUALA LUMPUR - Nur Sajat, pria transgender yang diburu pasukan Malaysia atas tuduhan penistaan agama Islam karena berpose di depan Kakbah, Arab Saudi, dengan mukena, kini tinggal di Australia. Dia mengaku pernah dilecehkan secara seksual oleh petugas
Departemen Agama Islam Selangor (Jais) saat ditangkap Januari 2021.

Surat kabar The New York Times (NYT) yang berbasis di Amerika Serikat (AS) pada Rabu (20/10/2021) melaporkan laporan terperinci tentang pengalaman Nur Sajat di mana dia menuduh setidaknya tiga petugas Jais menendang, menjepitnya, dan membelainya selama penangkapan.



Nur Sajat mengatakan kejadian tersebut disaksikan oleh ibunya yang kemudian mempertanyakan kesalehan salah seorang petugas atas perlakuan tersebut.

"Petugas itu menjawab bahwa menyentuh Nur Sajat di dua area (pribadinya) itu dapat diterima karena dia adalah 'laki-laki'," kata Nur Sajat, mengingat ucapan petugas kala itu.

“Mereka pikir itu dibenarkan untuk menyentuh bagian pribadi saya dan payudara saya karena mereka menganggap saya sebagai laki-laki," ujarnya.

“Mereka tidak memperlakukan saya dengan belas kasih atau kemanusiaan apa pun,” imbuh pengusaha kosmetik tersebut.

NYT melaporkan bahwa dugaan pelecehan seksual itu terjadi pada hari yang sama saat dia didakwa di pengadilan syariah dan dia ditempatkan semalam di fasilitas penahanan pria.

Pada 13 Januari 2021, Jais mengatakan bahwa pihaknya telah memanggil aparatnya untuk menjelaskan kejadian tersebut setelah Nur Sajat mengajukan laporan polisi atas tuduhan perlakuan kekerasan selama penangkapan.

Pada saat itu, Nur Sajat tidak secara terbuka menuduh petugas melakukan pelecehan seksual dan masalah itu juga tidak disebutkan oleh Jais atau pun polisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)