Waspada! Cuaca Ekstrem Diperkirakan Landa Bogor Raya Sepekan ke Depan

Selasa, 19 Oktober 2021 - 17:11 WIB
loading...
Waspada! Cuaca Ekstrem Diperkirakan Landa Bogor Raya Sepekan ke Depan
Stasiun BMKG Citeko memprediksi wilayah Bogor Raya akan dilanda cuaca ekstrem hujan disertai angin kencang sepekan ke depan.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A A A
BOGOR - Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko memprediksi wilayah Bogor Raya akan dilanda cuaca ekstrem hujan disertai angin kencang sepekan ke depan. Masyarakat pun diimbau untuk mewaspadai kondisi cuaca ini.

"Di wilayah Puncak, Bogor dan sekitarnya pun demikian, walaupun tidak seintens di wilayah Kota Bogor dan Jabodetabek," ungkap Kepala BMKG Citeko Fatuhri Syabani, Selasa (19/10/2021). Menurut dia, cuaca ekstrem dipicu oleh beberapa faktor dinamika atmosfer yang kebetulan terjadi secara bersamaan.

Sehingga, udara Pulau Jawa bagian barat mengandung banyak uap air. Kemudian, suhu permukaan laut sekitar Pulau Jawa yang hangat serta adanya pasokan uap air tambahan dari Samudera Hindia sebelah barat Sumatera akibat fenomena Indian Ocean Dipolemode (IOD). Ditambah, lagi kondisi sekitar Bogor dikelilingi pegunungan.

"Kondisi itu menyebabkan uap air berkumpul dan dipaksa naik secara orografis oleh ketinggian dan cepat berkondensasi menjadi awan hujan," ucapnya.

Seperti diketahui, hujan deras dan angin kencang sempat melanda wilayah Kota dan Kabupaten Bogor pada Minggu, 17 Oktober 2021. Dari kejadian tersebut, terjadi 9 titik pohon tumbang dan 7 atap rumah warga mengalami kerusakan ringan karena tertiup angin.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut. Hanya saja, kejadian pohon tumbang turut menimpa 4 mobil hingga mengalami kerusakan.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4636 seconds (0.1#10.140)