Unpad Kembali Buka Pendaftaran SMUP Pascasarjana, Simak Mekanisme Barunya

Selasa, 19 Oktober 2021 - 16:28 WIB
loading...
Unpad Kembali Buka Pendaftaran SMUP Pascasarjana, Simak Mekanisme Barunya
Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran ( SMUP ) Pascasarjana telah dibuka sejak Kamis (14/10) hingga Kamis (11/11) mendatang. Pada tahun ini, SMUP Pascasarjana memiliki mekanisme pendaftaran yang baru.

Ketua Panitia SMUP 2021 Ir. Anas menjelaskan, mulai tahun akademik 2021/2022, pendaftaran SMUP Pascasarjana dibuka sepanjang tahun yang dibagi ke dalam dua gelombang. Yaitu gelombang I (semester ganjil) dan gelombang II (semester genap). Setiap gelombang kini memiliki tiga sesi pembukaan seleksi.



“Sebelumnya pendaftaran seleksi dilakukan dalam dua gelombang tanpa ada sesi. Sekarang setiap gelombang terbagi menjadi tiga sesi,” katanya melansir laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Selasa (19/10/2021).

Gelombang I memiliki masa pendaftaran pada Februari-Maret, April-Mei, dan Juni-Juli. Sementara gelombang II memiliki masa pendaftaran pada Agustus-September, Oktober-November, dan Desember-Januari.

Kendati dibuka sepanjang tahun, pendaftaran sebagai mahasiswa baru tetap mengacu sesuai kalender akademik Unpad. Masa registrasi mahasiswa baru Pascasarjana Unpad digelar pada Januari-Februari untuk semester genap, dan Juli-Agustus untuk semester ganjil.



Anas menjelaskan, proses seleksi pada setiap sesi dilakukan untuk memperoleh letter of acceptance dari universitas. Surat ini yang menentukan bahwa pendaftar dinyatakan diterima sebagai mahasiswa Pascasarjana Unpad.

“Ketika calon mahasiswa Pascasarjana sudah lulus (seleksi), dia akan menerima letter of acceptance yang menandakan dia sudah diterima. Tapi statusnya memang belum teregistrasi. Selama periode dia menunggu, dia bisa mulai melakukan riset bersama promotor,” papar Anas.

Dengan demikian, proses ini diharapkan dapat mempercepat studi calon mahasiswa. Apalagi jika calon mahasiswa sudah terbiasa melakukan riset, begitu keluar letter of acceptance, calon mahasiswa bisa langsung memulai risetnya di Unpad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)