alexametrics

Positif Covid-19 Meningkat, Klaster Pasar Cileungsi Jadi 16 Orang

loading...
Positif Covid-19 Meningkat, Klaster Pasar Cileungsi Jadi 16 Orang
Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
BOGOR - Penambahan kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bogor kembali mengalami lonjakan cukup drastis. Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor hingga pukul 19.00 WIB, Selasa (2/6/2020) terjadi penambahan 12 kasus baru pasien terkonfirmasi positif, 6 di antaranya berasal dari klaster Pasar Cileungsi.

"Sampai saat ini kasus Positif Covid-19 dari cluster Pasar Cileungsi jadi 16 orang. Itu berdasarkan hasil tes swab massal beberapa waktu lalu," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/6/2020) malam.

Ia menyebutkan untuk hari ini perkembangan data monitoring harian mencatat selain 12 kasus baru positif Covid-19, juga terjadi penambahan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia sebanyak 5 orang.



"Adapun data 12 kasus baru pasien terkonfirmasi positif hari ini yakni dari klaster Pasar Cileungsi, laki-laki, 35 tahun; perempuan, 20 tahun; perempuan, 18 tahun; laki-laki, 33 tahun; perempuan, 28 tahun; laki-laki, 44 tahun. Sisanya 6 orang lagi yaitu perempuan, 32 tahun asal Ciomas; laki-laki, 53 tahun asal Cibinong dan empat lagi asal Bojonggede terdiri dari perempuan, 66 tahun; perempuan, 17 tahun; perempuan, 66 tahun dan laki-laki, 5 tahun," paparnya.

"Hingga saat ini tim survelaince terus monitor hasil yang positif untum dilakukan tracking lagi. Selain itu, Pasar Cileungsi juga masih disterilkan dan dilakukan penataan manajemen pasar yang apabila dioperasionalkan kembali harus mengikuti protokol kesehatan," katanya.

Ia menjelaskan dengan adanya lonjakan drastis kasus baru, maka total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bogor sebanyak 217 orang, dengan rincian masih dalam perawatan atau positif aktif 151 orang, meninggal 15 orang dan sembuh 49 orang. Sedangkan untuk kasus dengan status PDP total berjumlah 1616 orang terdiri dari selesai 1207 orang, masih dalam pengawasan 305 orang dan meninggal 104 orang.

"Adapun data 5 kasus baru PDP yang meninggal hari ini adalah laki-laki, 45 tahun asal Rancabungur; laki-laki, 64 tahun asal Ciampea; perempuan, 47 tahun asal Parung; laki-laki, 62 tahun asal Ciomas dan perempuan, 48 tahun asal Sukamakmur," ungkapnya.

Sedangkan untuk kasus dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) total berjumlah 1582 orang dengan rincian selesai 1346 orang dan masih dalam pemantauan 236 orang. "Dengan terus terjadinya penambahan kasus baru maka risiko penularan masih cukup tinggi. Maka dari itu kami menghimbau selalu kenakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan hindari keramaian," pungkasnya.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak