Gaet Wisatawan, Kawasan Glodok Ditata Jadi Wisata Sejarah Pecinan

Minggu, 10 Oktober 2021 - 20:06 WIB
loading...
Gaet Wisatawan, Kawasan Glodok Ditata Jadi Wisata Sejarah Pecinan
Kawasan Glodok, Jakarta Barat bakal ditata menjadi wisata sejarah Pecinan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemkot Jakarta Barat bakal menata kawasan Glodok menjadi lokasi wisata sejarah Pecinan. Pembenahan kawasan heritage ini untuk menggaet wisatawan .

"Konsepnya adalah konsep kembali ke zaman dulu di mana menjadi pusat bisnis dan wisata sejarah," ujar Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan Pemkot Jakarta Barat Iqbal Idham Ramid, beberapa waktu lalu.
Baca juga: Ruko di Glodok Terbakar, Jalan Gajah Mada Ditutup Sementara

Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Ciktata) Jakarta Barat sudah menyusun konsep penataan lokasi tersebut. Salah satunya perbaikan trotoar dan pembangunan beberapa fasilitas umum di sana.

Beberapa tokoh agama juga sudah menyosialisasikan konsep baru kepada masyarakat yang tinggal di kawasan Glodok. Setelah konsep baru diterima, pihaknya akan mengajukan dana yang dibutuhkan untuk penataan wilayah ke Pemprov DKI Jakarta.

Jika disetujui dia memastikan pengerjaan fisik segera dimulai. "Kita harapkan pembangunan bisa dilakukan secepatnya," ucapnya.
Baca juga: Jelajah Kuliner Enak di Daerah Glodok!

Sebelumnya, Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Jakarta Barat Imron mengatakan tengah memfokuskan penataan di lima wilayah, salah satunya kawasan Glodok. Lima fasilitas umum itu yakni Sentra Primer Barat, Taman Sentra Flora dan Fauna Semanan, Sentra Promosi dan Pemasaran Ikan Hias (SPPIH) Slipi, Kota Tua, serta Pecinan Glodok. Lima wilayah tersebut sudah menjadi prioritas penataan sejak 2020 hingga 2021 tetapi tertunda eksekusinya karena pandemi Covid-19.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)