100 Hari Wafatnya Ki Manteb Sudarsono, Anies Kenang Keris Luk 7 Pemberian Dalang Legendaris

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 21:48 WIB
loading...
A A A
Dalam sejarahnya, Keris berdapur Carubuk ini diperuntukkan kepada para pemimpin. Di antaranya yang pernah memiliki keris berjenis ini antara lain Sultan Hadi Wijaya (pendiri Kerajaan Pajang tahun 1549-1582) atau lebih dikenal dengan Joko Tingkir penakluk buaya di Sungai Kedung Srengenge.

Keris ini juga digunakan oleh Sunan Kalijaga yang juga memiliki keris berjenis Carubuk. Beliau pernah membawa kayu untuk tiang Masjid Agung Demak melalui Sungai Kreo. Dua pemilik keris yang memiliki kedekatan dengan elemen air. (Baca juga; Posting Foto Lihat Keris Diponegoro, Prabowo Ditanya soal Habib Rizieq )

Warangka (sarung keris yang terbuat dari kayu) ini dijelaskan oleh Ki Manteb bahwa material kayunya utuh dari satu bidang kayu. Tidak ada sambungan, dibuat dari satu kesatuan kayu. Ini merupakan Warangka yang penuh nilai seni dan amat unik.

Sebagai sebuah warisan bangsa dari para leluhur kita, keris merupakan pusaka yang terbuat dari hasil kerja keras, ketekunan, dan material berkualitas yang proses pembuatannya selalu dipenuhi dengan doa. Sebuah karya, bahkan bisa disebut mahakarya, yang penuh filosofi dan kualitasnya tak akan lekang oleh zaman, lintas waktu, lintas generasi.

“Kita doakan almarhum Ki Manteb Sudarsono dilipatgandakan pahalanya, dan dimuliakan tempatnya di sisi Allah SWT. Dan, Insya Allah keris pemberian Ki Manteb ini akan saya jaga, rawat dan simpan dengan baik sebagai bagian dari mencintai, merawat dan mengembangkan budaya bangsa,” tutup Anies seraya menjelaskan pemberian keris ini telah dilaporkan ke KPK dan tetap ditetapkan dalam Surat Keputusan No. 1477 Tahun 2021 oleh Pimpinan KPK.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0940 seconds (0.1#10.140)