Hari Batik Nasional, Ratusan Pesepeda di Bogor Lega Akhirnya Bisa Gowes Bareng

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 17:27 WIB
loading...
Hari Batik Nasional, Ratusan Pesepeda di Bogor Lega Akhirnya Bisa Gowes Bareng
Memperingati Hari Batik Nasional, ratusan pesepeda dari 16 komunitas mengitari seputaran Sistem Satu Arah (SSA), Kota Bogor, Sabtu (2/10/2021). Foto: MNC Portal/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Memperingati Hari Batik Nasional , ratusan pesepeda dari 16 komunitas mengitari seputaran Sistem Satu Arah (SSA), Kota Bogor. Pesepeda yang tergabung dalam Bike To Work merasa lega akhirnya bisa gowes bareng di masa PPKM ini.

"Ada sekitar 200 yang ikut, cukup lumayan di masa pandemi ini kita bisa berkumpul bersilaturahmi. Ada sekitar 16 komunitas yang hadir meramaikan kegiatan kita ini dari Bogor. Tapi ada juga dari Jakarta yang bergabung, datang dari Subuh," ujar Koordinator Bike To Work Wilayah Bogor Roni Wang kepada wartawan di Tugu Kujang, Sabtu (2/10/2021).


Adapun rute yang dilalui pesepeda Bike To Work dimulai dari titik start Lawang Salapan, lalu mengitari SSA, dan berakhir di Tugu Kujang. Tujuan dari kegiatan ini yakni mengampanyekan batik kepada masyarakat sebagai warisan leluhur dengan bersepeda.

"Kita berkampanye supaya masyarakat melihat kita sangat menjaga budaya yang diwariskan oleh leluhur kita, supaya terjaga sampai nanti. Jadi kita kampanye batik dan kampanye bersepeda," ungkap Roni.

Roni menyebutkan kegiatan Batik Ride ini serentak dilakukan oleh 475 komunitas pesepeda dari total 56 kota di seluruh Tanah Air. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober.



Di sisi lain, lanjut Roni, jumlah pesepeda kian meningkat selama pandemi Covid-19. Dengan semakin banyaknya pesepeda, ia berharap didukung oleh sarana yang baik dari pemerintah.

"Peningkatannya pas pandemi di atas 100 persen dan komunitas sepeda di Kota Bogor ini ada sekitar 100 lebih. Untuk di Kota Bogor (sarana) sudah lumayan baik, karena kita sudah punya jalur sepeda yang patut kita jaga. Semoga tambah banyak lagi jalur-jalur sepeda," tutup Roni.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)